Kirim iMessage Kini Bisa Lewat PC Windows 11, Begini Caranya - detik

 

Kirim iMessage Kini Bisa Lewat PC Windows 11, Begini Caranya

By Anggoro Suryo
detikcom
April 27, 2023
Foto: dok Lenovo
Foto: dok Lenovo
Jakarta-

Platform pengiriman pesan Apple iMessage kini bisa "beroperasi" di PC berbasis Windows, setelah Microsoft memperbarui aplikasi Phone Link-nya, yang kini mendukung iOS.

Lewat Phone Link ini pengguna iPhone bisa menghubungkan HP-nya itu ke PC berbasis Windows 11 dan menerima serta mengirim pesan lewat iMessage, juga menerima panggilan telepon dan melihat notifikasi HP lewat PC ataupun laptopnya.

Phone Link beroperasi dengan mengirimkan pesan ke kontak yang dituju lewat Bluetooth, yang kemudian diterima oleh iPhone dan pesan tersebut dialihkan pengirimannya lewat iMessage.

Proses kerja ini mirip dengan bagaimana iOS mendeteksi pesan yang dikirimkan ke perangkat iOS lain, dan menampilkannya dalam bentuk gelembung warna biru untuk perangkat iOS dan warna hijau untuk perangkat non iOS.

Sebaliknya, Phone Link juga akan "menangkap" pesan yang masuk ke dalam HP dan diteruskan ke PC lewat Bluetooth dan notifikasinya akan ditampilkan ke dalam PC, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (27/4/2023).

Sejauh ini aplikasi Phone Link untuk iOS masih terbilang cukup standar dan hanya mendukung panggilan telepon, pengiriman pesan, dan melihat serta menghapus notifikasi.

Berbeda dengan dukungan Phone Link untuk Android, di mana pengguna bisa menjalankan aplikasi Android lewat PC yang sudah tersedia sejak lama. Mungkin saja nantinya pengguna iOS bakal bisa menikmati integrasi aplikasi Photos lewat Phone Link ini.

Pasalnya saat ini iCloud Photos sudah bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi Windows 11 Photos, yang sudah tersedia sejak akhir 2022 lalu.

Untuk menggunakan Phone Link di iOS berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

  1. Perbarui aplikasi Phone Link lewat Microsoft Store di Windows 11
  2. Buka Phone Link dan buka QR code di PC
  3. Scan QR code menggunakan iPhone
  4. Setelah terhubung, nyalakan contact sharing lewat Bluetooth di iPhone
  5. Nyalakan 'show notification'
  6. Bolehkan 'system notification' untuk dibagikan ke PC lewat Bluetooth

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)