DigiHackAction Resmi Ditutup, Hasilkan 3 Ide Solusi Digital Terbaik - Jawa Pos - Opsitek

Informasi Teknologi Pilihan

demo-image

Post Top Ad

demo-image

DigiHackAction Resmi Ditutup, Hasilkan 3 Ide Solusi Digital Terbaik - Jawa Pos

Share This
Responsive Ads Here

 

DigiHackAction Resmi Ditutup, Hasilkan 3 Ide Solusi Digital Terbaik

31 Agustus 2021, 17:03:33 WIB
Jumpa pers daring DigiHackAction. DigiHackAction diharapkan dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric. (Istimewa)

JawaPos.com – Rangkaian program DigiHackAction baru saja dirampungkan Telkomsel. Hal ini ditandai dengan dilangsungkannya Demo Day, di mana sepuluh finalis mempresentasikan langsung ide-ide terbaik mereka di depan para dewan juri secara virtual, Senin (30/8).

Demo Day ini sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan program Adtech dan Martech Hackathon pertama di Indonesia ini dengan diumumkannya tiga pemenang utama. Ketiga pemenang tersebut diklaim membawa ide terbaik dalam solusi digital masa depan khususnya untuk bidang periklanan.

SVP Digital Advertising and Banking Telkomsel Ronny W. Sugiadha mengatakan, sampainya DigiHackAction ke tahap ini merupakan momentum bagi Telkomsel untuk membuka peluang lebih luas bagi talenta digital unggul di seluruh Indonesia. Agarlebih berkembang dengan memberikan solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi pelaku bisnis di Indonesia, khususnya UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“DigiHackAction diharapkan dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital marketing di Indonesia sehingga mampu membuka banyak peluang yang akan berkontribusi pada kemajuan industri digital advertising di Indonesia,” ungkapnya melalui jumpa pers daring pada Senin (30/8) sore kemarin.

Tingginya antusias talenta digital Tanah Air untuk mengasah kemampuan sudah terlihat sejak dibukanya pendaftaran DigiHackAction yang berlangsung selama Juni hingga Juli 2021. DigiHackAction yang mengusung tema ‘The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia’ pada tahun ini menerima sebanyak 300 ide.

Gelaran rutin itu diklaim berhasil menjaring ratusan ide yang datang dari para peserta dengan berbagai latar belakang. Diantaranya 68 persen tim independen, 24 persen startup, 27 persen pengembang, dan 11 persen perusahaan digital.

Berdasarkan jumlah ide yang masuk, 46 persen di antaranya memilih tema Advertising and Marketing Direct Solution, 28 persen memilih Digital Advertising Product, dan 26 persen memilih Advertising and Marketing Support Solution.

Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021. Para juri kemudian mulai mengambil alih peran dalam mengkurasi ide-ide tersebut untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10) untuk dipresentasikan pada Demo Day yang diumumkan pada 26 Agustus 2021 lalu.

Pada kesempatan Demo Day, setiap finalis akan mempresentasikan berbagai ide inovatif dan revolusioner yang telah diformulasikan kepada dewan juri dalam waktu dibatasi untuk dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para finalis menunjukkan profesionalitasnya dalam menjabarkan berbagai ide secara singkat dan impresif kepada dewan juri.

Dewan juri menentukan ide-ide yang layak lolos sampai di tahap Top 10 berdasarkan kriteria umum dan khusus. Kriteria umum yang dimaksud terdiri dari impresi, kesulitan teknologi, dan orientasi pasar.

Sementara kriteria khusus meliputi kemampuan kerja tim dan kualitas presentasi, penyelesaian masalah, kelayakan produk dan fitur atau kemudahan penggunaan, adopsi teknologi dan pengembangan sinergis, serta potensi bisnis. Untuk di Demo Day para pemenang dipilih berdasarkan aspek kelayakan rancangan dalam pemanfaatan aset Telkomsel Digiads dan seberapa baik proporsi nilai untuk pengembangan bisnis ke depan.

Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan melalui penilaian yang objektif, dewan juri pun memilih Cek Toko Sebelah App (juara 1) dengan ide Real Time Product Comparison, TIM Deadliner (juara 2) dengan ide Comment Robot Marketing, dan StoriAI (juara 3) dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing sebagai pemenang utama DigiHackAction.

Para pemenang kemudian berhak mendapatkan hadiah dan membuka peluang kolaborasi dengan Telkomsel DigiAds dalam tahapan proses inkubasi dan akselerasi selanjutnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages