Laporan: Konsumen Indonesia Diprediksi Habiskan Minimal Rp2 Juta di Ramadan 2022
Selular.ID – InMobi, penyedia konten, pemasaran, dan teknologi monetisasi merilis laporan terbaru ‘Gearing up for Ramadan 2022’ (Persiapan untuk Ramadan 2022).
Dirancang khusus untuk mendukung brands dalam menyempurnakan strategi pemasaran seluler mereka saat bulan Ramadhan, laporan ini menganalisa setidaknya kebiasaan dan harapan konsumen Indonesia seputar pengalaman berbelanja mereka selama bulan puasa ini.
Rishi Bedi, VP dan GM InMobi Asia Tenggara, Jepang, dan Korea menjelaskan Ramadan merupakan salah satu bulan yang paling penting bagi umat Islam di seluruh dunia.
Temuan dari laporan InMobi mengungkapkan bahwa sentimen konsumen di Indonesia lebih positif untuk tahun 2022.
“Sekitar 56% responden berencana untuk menghabiskan setidaknya Rp2 juta rupiah untuk berbelanja di Ramadan tahun ini, angka ini naik 48% jika dibandingkan dari tahun 2021,” terang Rishi, Kamis (24/2).
“Kegiatan berbelanja akan mencapai puncaknya di minggu pertama Ramadan dan 84% orang Indonesia akan menyelesaikan pembelian mereka seminggu sebelum perayaan Idul Fitri berlangsung,” sambungnya.
Catatan menariknya kekhawatiran terhadap kesehatan dan keselamatan tetap menjadi hal penting, ini juga yang menjadi faktor pendorong utama meningkatnya kegiatan belanja online dan pengurangan belanja offline.
“Namun, masih ada pasar yang seimbang untuk keduanya, sehingga pemasar harus secara proaktif berinovasi dengan strategi yang mencakup seluruh jalur menuju pembelian untuk menarik audiens yang tepat,” tutur Rishi.
Kemudian laporan ini juga menjelaskan temuan tentang preferensi konsumen untuk belanja langsung di toko dan online selama bulan Ramadan, serta bagaimana perilaku belanja dari Generasi Digital (Gen Z).
Rishi menceritakan jika 63% responden menyebutkan bahwa program diskon dan penawaran eksklusif dalam aplikasi sebagai alasan utama mereka untuk berbelanja di ponsel (online).
“Dan 51% responden mencantumkan penerapan protokol kesehatan sebagai syarat utama saat mereka berbelanja langsung ke toko. 58% responden dari Gen Z cenderung berbelanja pada awal Ramadan,dan sangat mengutamakan pengiriman gratis saat berbelanja online dari kebanyakan orang Indonesia,” tuturnya
Kemudian 41% responden Gen Z cenderung memilih jalan-jalan untuk liburan Hari Raya, dibandingkan dengan 31% orang Indonesia pada kelompok usia lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar