Sosial Media
powered by Surfing Waves
0
News
    Ingin Cepat Kaya? Kerja, Jangan Judi - Kumpulan Informasi Teknologi Hari ini, Setiap Hari Pukul 16.00 WIB
    Home Featured Internet Telegram Tips & Trik

    Bisa untuk Bisnis, Berikut Cara Maksimalkan Fitur Telegram - Jpnn

    4 min read

     

    Bisa untuk Bisnis, Berikut Cara Maksimalkan Fitur Telegram



    Platform instant messaging Telegram (Neuf)

    JawaPos.com – Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin pernah menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam kinerja bisnis selama pandemi Covid-19. Mulai dari omzet yang menurun, kesulitan bahan baku usaha akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM hingga menurunnya permintaan barang secara drastis.

    Akan tetapi, seiring dengan situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik, Anda mungkin ingin memulai mempersiapkan kembali strategi bagaimana menumbuhkan kembali bisnis Anda pascapandemi.

    Di antara banyak cara yang dapat Anda coba untuk mengembangkan bisnis khususnya secara digital, Telegram Ad Platform bisa dicoba. Fitur Telegram ini diklaim bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan penjualan dengan membuat dan mempromosikan produk atau channel (saluran) Anda di Telegram melalui iklan.

    Baca juga:

    Ad Platform Telegram merupakan sebuah medium untuk membuat pesan bersponsor di channel publik dengan lebih dari 1.000 user atau pelanggan. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah mengelola iklan dan anggaran Anda, memilih di mana iklan akan ditampilkan, hingga memantau performa iklannya.

    Dikarenakan media ini baru saja diluncurkan di Indonesia, semua pemilik bisnis sekarang dapat meningkatkan kinerja penjualan mereka dengan meningkatkan lebih banyak jangkauan ke channel mereka melalui iklan.

    Setelah diluncurkan di Indonesia, Komunitas TON Indonesia di Telegram adalah pengiklan pertama yang mempromosikan channel-nya ke ratusan komunitas online cryptocurrency Indonesia di Telegram.

    Baca juga:

    Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya berikut ini.

    Logging In (Masuk)

    Untuk mulai membuat iklan di Telegram, Anda harus masuk terlebih dahulu. Ini mengharuskan Anda memiliki akun Telegram yang sudah terdaftar. Setelah Anda memiliki akun, masukkan nomor telepon akun Anda di halaman login, dan setelah itu Anda langsung menerima pesan di Telegram (dari akun layanan terverifikasi kami) untuk mengonfirmasi login Anda ke platform.

    Baca juga:

    Memilih Akun

    Setelah Anda masuk ke Telegram, Anda dapat melanjutkan dengan Akun Pribadi Anda atau dengan membuat sebuah Organisasi. Organisasi dibangun di sekitar Grup dan Channel Telegram – menghubungkan grup atau channel Anda sebagai sebuah organisasi yang memberikan kesempatan untuk semua admin dalam chat tersebut untuk mengelola iklan yang dibuat oleh Organisasi.

    Membuat Iklan

    Klik ‘Buat iklan baru’ untuk memulai membuat iklan. Selanjutnya, Anda akan melihat template dengan beberapa bidang yang harus diisi – seperti memberi Judul, Teks, dan URL pada iklan Anda.

    Semua tautan yang disertakan dalam bidang Teks dan URL harus terhubung ke saluran atau bot di Telegram, menggunakan format t.me/link atau @link. Tautan ke situs eksternal tidak diperbolehkan.

    Tautan yang dimasukkan di bidang URL akan ditambahkan ke tombol di bawah pesan sponsor Anda. Jika Anda juga menyertakan tautan dalam teks, tautan tersebut harus mengarah ke tujuan yang sama dengan tautan di bidang URL.

    CPM dan Anggaran Iklan

    Setelah teks pesan sponsor Anda selesai, Anda dapat menetapkan Cost-Per-Mille (CPM) untuk iklan, yang merupakan harga untuk seribu views dalam iklan Anda. CPM minimum untuk pesan bersponsor adalah EUR 2 atau setara dengan Rp 32 ribuan.

    Anggaran iklan Anda adalah jumlah dana yang Anda bersedia alokasikan untuk pesan sponsor tertentu. Pesan sponsor akan terus ditampilkan hingga mencapai jumlah ini.

    Untuk meningkatkan anggaran iklan, buka atau klik menu anggaran langsung dari beranda Anda. Untuk mengurangi anggaran iklan, hentikan dan hapus iklan, dana yang tersisa akan dikembalikan ke anggaran Anda secara menyeluruh.

    Menambahkan Dana

    Jika Anda membuat iklan untuk pertama kalinya, Anda mungkin belum memiliki dana di akun Anda. Saat mencoba membuat iklan, Anda mungkin melihat pesan ‘Saldo Anda terlalu rendah’ di bawah menu Anggaran.

    Klik ‘Tambah Dana’ untuk memasukkan saldo ke akun Anda – iklan akan disimpan sebagai draf sehingga Anda dapat dengan mudah mempublikasikannya nanti. Anda juga dapat memublikasikan iklan tanpa anggaran lalu dapat mengklik kembali jika Anda siap untuk meluncurkannya.

    Iklan Telegram atau pesan sponsor ditampilkan di saluran publik dengan lebih dari 1.000 pelanggan. Untuk lebih menyesuaikan saluran mana yang dapat men-ghosting iklan Anda, pilih bahasa dan topik yang sesuai dengan pembaca Anda, misalnya saluran Indonesia yang terkait dengan Film dan Musik.

    Anda dapat menggabungkan beberapa bahasa dan topik, atau bahkan mengosongkan bidang sesuai preferensi Anda. Jika Anda ingin pesan sponsor Anda untuk muncul dalam channel individu tertentu, Anda dapat memasukkannya melalui tautan unik yang telah tersedia.

    Sebagai informasi juga, fitur-fitur untuk memaksimalkan bisnis khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sendiri tak hanya dimiliki Telegram. Rival mereka, WhatsApp juga punya fitur serupa untuk membantu bisnis penggunanya berkembang.

    Editor : Edy Pramana

    Reporter : Rian Alfianto

    Komentar
    Additional JS