Kembangkan Artificial Intelligence, Microsoft Suntik Miliaran Dolar ke OpenAI - Beritasatu

 

Kembangkan Artificial Intelligence, Microsoft Suntik Miliaran Dolar ke OpenAI

Selasa, 24 Januari 2023 | 07:18 WIB
Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB

Kantor Microsoft
Kantor Microsoft (Foto: AFP)

California, Beritasatu.com - Microsoft mengumumkan investasi miliaran dolar untuk perusahaan pengembang artificial intelligence OpenAI, pembuat aplikasi ChatGPT. Microsoft tidak mengumumkan dana investasi, tetapi Semafor melaporkan awal bulan ini bahwa Microsoft sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi sebanyak $ 10 miliar (Rp 150 triliun).

Advertisement

Kesepakatan itu menandai fase ketiga kemitraan antara kedua perusahaan, menyusul investasi Microsoft sebelumnya pada 2019 dan 2021.

“Kami membentuk kemitraan kami dengan OpenAI berdasarkan ambisi bersama untuk secara bertanggung jawab memajukan penelitian AI mutakhir dan mendemokratisasi AI sebagai platform teknologi baru,” kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam sebuah blog.

OpenAI bekerja erat dengan layanan cloud Microsoft Azure. Pada Juli 2019, Microsoft menanamkan modal di OpenAI dengan $1 miliar, dan investasi tersebut menjadikan Microsoft sebagai penyedia layanan komputasi awan "eksklusif" untuk OpenAI. Microsoft mengatakan hari Senin bahwa Azure akan terus berfungsi sebagai penyedia eksklusif OpenAI.

Advertisement

OpenAI adalah salah satu dari tiga laboratorium AI teratas di dunia. OpenAI terkenal sebagai pengembang AI yang dapat mengalahkan manusia di video game seperti Dota 2, lalu AI pembuat teks GPT-3, dan AI pembuat gambar Dall-E.

ChatGPT bisa secara otomatis menghasilkan teks berdasarkan permintaan tertulis. Anda bisa menanyakan apa saja kepada ChatGPT, dan bahkan bisa menulis essay menggunakan ChatGPT. Teks yang dihasilkan pun cukup jelas dan koheren.

Perangkat lunak ini memulai debutnya pada akhir November dan dengan cepat berubah menjadi sensasi viral di Twitter.

Pendiri OpenAI termasuk Sam Altman, CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk, Greg Brockman, Ilya Sutskever, Wojciech Zaremba dan John Schulman. Grup tersebut berjanji untuk menginvestasikan lebih dari $1 miliar ke OpenAI ketika diluncurkan. Musk mengundurkan diri dari dewan pada Februari 2018 tetapi tetap menjadi donor.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNBC.com


[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

[Tags OpenAI, Microsoft, Pilihan, Featured]

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)