Berkah IIMS 2023, UMKM Suvenir Raup Belasan Juta Rupiah - Beritasatu

 

Berkah IIMS 2023, UMKM Suvenir Raup Belasan Juta Rupiah

Minggu, 26 Februari 2023 | 23:26 WIB
Oleh: Ricky Putra Harahap / FER

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut mendapatkan keuntungan dari pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Februari 2023.
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut mendapatkan keuntungan dari pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Februari 2023. (Foto: B Universe Photo/Ricky Putra Harahap)

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang digelar selama 11 hari 16-26 Februari 2023 dampaknya tak hanya dirasakan oleh brand otomotif. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) suvenir juga mendapatkan keuntungan dengan adanya event otomotif tersebut.

Advertisement

Salah satunya Typoworks, industri kecil yang menawarkan jasa pembuatan suvenir berupa pelat kendaraan ini, omzetnya mengalami peningkatan selama IIMS 2023.

"Alhamdulillah ramai, bagus. Ini adalah yang kedua kalinya kita ikut IIMS dan bagus. Orang banyak yang baru tahu juga itu sangat baik untuk kita. Karena kedepan juga beberapa daerah, mereka udah yang repeat order," kata pemilik Typoworks, Nat kepada BTV di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (26/2/2023).

Nat menjelaskan, jika produk yang dihasilkan Typoworks menggunakan bahan alumunium dan foil khusus yang diimpor dari Jerman. Bahan tersebut merupakan bahan standar untuk pelat kendaraan yang lazim digunakan di Jerman.

Advertisement

"Mesin pelat teknologi dan lain-lain itu sebenarnya diadopsi dari Jerman. Jadi kalau misalnya ini adalah mesin yang digunakan untuk membuat pelat mobil di Jerman," imbuhnya.

Meski suvenir ini menyerupai pelat kendaraan bermotor pada umumnya, namun Nat menjelaskan jika pihaknya tidak menerima pesanan untuk nomor kendaraan.

"Kita tidak membuat nomor polisi dan ukuran pelatnya itu sendiri tidak ada size yang menyerupai pelat nomor kendaraan di Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Nat menjelaskan, harga produk yang ditawarkan bervariasi tergantung ukuran dan warna dari plat yang dipesan.

"Harganya dari Rp 250.000 sampai Rp 375.000 tergantung size dan warna. Jadi size kecil ini dia bisa muat sampai 8 huruf, yang besar bisa muat sampai 12 huruf dan untuk ukuran AS ini bisa muat sampai 17 huruf," ucapnya.

Selama 11 hari gelaran IIMS 2023, Nat menyebut omzet usahanya mengalami kenaikan. Bahkan, per harinya mencapai sekitar Rp 15 juta.

"Mungkin kalau kisaran per hari kalau weekend tembus Rp 15 juta. Namun, hari biasa agak kurang sekitar Rp 7 sampai Rp 8 juta," ucapnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)