Kejagung Terima Rp1,6 Miliar Pengembalian Kasus BAKTI Kominfo, dari Siapa Saja? - inews

 

Kejagung Terima Rp1,6 Miliar Pengembalian Kasus BAKTI Kominfo, dari Siapa Saja?

Irfan Ma'ruf
Kejagung Terima Rp1,6 Miliar Pengembalian Kasus BAKTI Kominfo, dari Siapa Saja?
Kejaksaan Agung (Kejagung) menerima pengembalian uang senilai Rp1,6 miliar dalam kasus korupsi penyediaan menara BTS BAKTI Kominfo. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menerima pengembalian uang senilai Rp1,6 miliar dalam dugaan kasus korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2020-2022. Pengembalian itu dilakukan sejumlah pihak.

Direktur Penyidikan (Dirdik) Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi mengatakan uang tersebut diserahkan oleh beberapa anggota kelompok kerja (Pokja) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek penyedia infrastruktur BTS 4G. Nilai yang dikembalikan oleh anggota Pokja dan PPK kepada Kejagung totalnya Rp600 juta. 

"Beberapa anggota pokja sudah menyerahkan uang. Dari PPK mau menyerahkan rumah, mobil, dan motor. Total uang yang sudah diserahkan ada Rp600 juta," kata Kuntadi, Kamis (9/2/2023). 

Dia menambahkan, mereka mengembalikan uang dan harta benda tersebut karena mengetahui dalam proses pelelangan terjadi pelanggaran. Mereka mengetahui proses tender dalam kasus tersebut ada yang tidak sesuai. 

"Ya ada permainan lah. Mereka sudah menyadari bahwa selama pelaksanaan pelelangan dia terima uang. Kesadaran mereka bahwa memang dalam pelaksanaan pekerjaan mereka seharusnya kan tidak boleh menerima apa pun," ujarnya.

Sebelumnya, ahli dari Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020 berinisial YS sudah terlebih dahulu mengembalikan uang senilai Rp1 miliar. Saat ini total yang dikembalikan mencapai Rp1,6 miliar. 

"Totalnya 1,6 miliar. Ini kan kasus besar ya. Kita lebih fokus pada otaknya," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News


[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

[Tags Kejagung, Kominfo, BAKTI, Featured, Pilihan]



Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)