Mirip iPhone 14, HP Samsung Bisa SMS di Luar Jangkauan - CNBC Indonesia

 

Mirip iPhone 14, HP Samsung Bisa SMS di Luar Jangkauan

Redaksi, CNBC Indonesia
Tech
Jumat, 24/02/2023 13:50 WIB
Foto: Kartini Bohang

Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung telah mengamankan modem jaringan 5G non-terrestrial (NTN) yang memungkinkan komunikasi langsung antara smartphone dan satelit. Hal ini diumumkan melalui laman resmi Samsung News.

Berkat teknologi tersebut, pengguna HP Samsung bisa mengirim pesan meski di luar jangkauan seluler. Hal ini akan sangat membantu komunikasi di area terpencil yang sulit dibangun infrastruktur fiber optik.

Selain itu, inisiatif Samsung ini juga untuk memastikan kelancaran komunikasi ketika bencana menghadang dan merusak infrastruktur jaringan berbasis kabel, dikutip Jumat (24/2/2023).

"Samsung akan memimpin pengembangan ekosistem teknologi komunikasi hybrid terrestrial-NTN untuk mempersiapkan kedatangan jaringan 6G," kata Min Goo Kim, Executive Vice President of Communication Processor Development Samsung.

Pilihan Redaksi

Teknologi ini akan diintegrasikan pada modem di chipset Exynos yang tengah dikembangkan. Jadi, belum tersedia pada HP Samsung yang ada di pasaran saat ini.

Sebelumnya, teknologi komunikasi berbasis satelit sudah hadir di lini iPhone 14 buatan Apple. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan flagship teranyar itu, sebab mengakomodasi komunikasi di situasi darurat.

Beberapa orang sempat menanyakan kenapa komunikasi satelit tak ada di seri Galaxy S23 keluaran awal Februari lalu. Head of MX Business Samsung Electronic, TM Roh, kala itu berdalih bahwa fitur tersebut akan dihadirkan ketika teknologi dan infrastrukturnya sudah siap.

Tak perlu menunggu waktu lama, agaknya pabrikan Korea Selatan itu sekarang sudah siap mengadopsi teknologi canggih tersebut. Kita tunggu saja kehadirannya di lini HP Samsung berikutnya.


(tib)

[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)