SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Nomor IMEI - inews

 

Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Nomor IMEI

Anjasman Situmorang 
Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Nomor IMEI
Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Nomor IMEI (Foto: planet_fox/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Nomor IMEI dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang. Tahukah Anda bagaimana cara melacak ponsel yang hilang dengan nomor IMEI?

IMEI sangat penting di dalam smartphone. Tidak hanya sebagai nomor identitas dari ponsel, tapi juga bisa menjadi alat untuk membantu menemukan ponsel.

Baca Juga

Mengetahui metode ini sangat penting apalagi bagi orang yang smartphone-nya tidak mempunyai nomor SIM, akses internet, dan bahkan lokasi GPS. 

Pelacak IMEI digunakan penyedia layanan untuk mengidentifikasi ponsel di jaringan. Penasaran bagaimana memanfaatkan ponsel tersebut?

Baca Juga

Cara Menemukan IMEI di HP

Pada setiap ponsel terdapat angka yang panjangnya 15 digit. Nomor itu merupakan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). 

Baca Juga

Angka tersebut merupakan nomor unik pada setiap perangkat yang telah didaftarkan produsen dan jaringan operator untuk melacak lokasi perangkat. IMEI smartphone sebenarnya bisa ditemukan di bagian belakang perangkat. Baik itu di bawah baterai maupun di panel belakang ponsel. 

Cara selanjutnya untuk menemukan IMEI adalah dengan menekan angka kombinasi *#06#. Tepat setelah Anda menekan tanda “#” terakhir, nomor IMEI ponsel akan terlihat.

Metode berikutnya yang bisa digunakan adalah dengan cara pergi ke menu “Setting”. Kemudian gulir ke bagian “Tentang Ponsel”. Setelah itu nomor IMEI akan terlihat. Cara ini bisa sedikit berbeda, tergantung dari jenis ponsel masing-masing.

Cara Menemukan HP yang Hilang dengan IMEI

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti dalam melacak smartphone yang hilang menggunakan IMEI.

1. Temukan Nomor IMEI

Pastikan Anda sudah mengetahui nomor IMEI ponsel yang hilang. Namun jika Anda benar-benar tidak tahu, cara termudah adalah dengan melihat kotak kardus ponsel Anda. Biasanya di sana akan tertera nomor IMEI smartphone.

2. Buat Laporan ke Pihak Berwajib

Jika nomor IMEI telah diketahui, selanjutnya ajukan laporan ke polisi tentang ponsel yang hilang atau dicuri. Simpan laporan tersebut sebelum melakukan pelacakan IMEI.

3. Hubungi Call Center atau Operator Jaringan

Setelah surat kehilangan didapatkan dari pihak berwajib, selanjutnya Anda bisa langsung mendatangi penyedia layanan atau gerai operator. Anda dapat melacak ponsel langsung melalui operator dengan nomor IMEI dan nomor telepon. 

Selain itu, Anda juga dapat meminta untuk mengeluarkan kartu SIM duplikat dan melakukan pemblokiran nomor IMEI. Hal ini bertujuan agar ponsel tak bisa digunakan sama sekali oleh pencuri untuk melakukan aktivitas ilegal.

Demikian langkah-langkah mencari ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI. Semoga bermanfaat.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin