SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Saingi Spotify, Youtube Music Siap Hadirkan Podcast - Beritasatu

 

Saingi Spotify, Youtube Music Siap Hadirkan Podcast

Senin, 27 Februari 2023 | 10:18 WIB
Oleh: Winda Destiana Putri / WDP

YouTube Music diketahui siap menghadirkan ke podcast. Hal tersebut disinyalir bahwa Youtube siap bersaing dengan Spotify.
YouTube Music diketahui siap menghadirkan ke podcast. Hal tersebut disinyalir bahwa Youtube siap bersaing dengan Spotify. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - YouTube Music diketahui siap menghadirkan ke podcast. Hal tersebut disinyalir bahwa Youtube Music siap bersaing dengan Spotify yang lebih dulu menghadirkan podcast.

Advertisement

Mengutip laman Engadget, Youtube siap menghosting versi video dari banyak podcast yang telah menghasilkan. Beberapa diantaranya telah menghasilkan ratusan ribu atau bahkan jutaan penayangan per episode.

Sumber di dalam Youtube mengatakan untuk layanan audio sementara waktu belum masuk ke podcast tersebut. Namun ini tidak permanen, diketahui Youtube sangat serius menggarap proyek ini.

“Kami segera menghadirkan podcast pertama audio dan video ke YouTube Music untuk pengguna di AS. Meski demikian tak menutup kemungkinan podcast bisa ditemukan dan diakses di banyak wilayah akan datang," kata juru bicara YouTube kepada Engadget.

Advertisement

“Ini akan membantu membuat podcast yang sudah disukai pengguna YouTube, tersedia di semua tempat yang ingin mereka dengarkan."

Sementara itu, tools untuk membuat podcast ini sendiri akan hadir di Youtube Studio dalam waktu dekat. Hingga akhir tahun ini, pembuat konten dapat menambahkan podcast audio ke YouTube melalui umpan RSS.

“Daftar putar podcast siap memenuhi syarat untuk saat ini seperti badging podcast, dan penyertaan dalam aplikasi YouTube Music," kata juru bicara itu lagi.

Mendengarkan podcast tersedia secara gratis bisa dilakukan saat ini. Namun, pasti akan ada iklan kecuali Anda telah berlangganan YouTube Music. Tampaknya juga pengguna nantinya dapat beralih antara versi video dan audio dari episode podcast tersebut.

Setidaknya untuk saat ini, tampaknya YouTube tidak berencana untuk mengikuti Spotify dan Amazon dengan memiliki podcast eksklusif atau orisinal. Apakah YouTube Music dapat mengurangi pangsa pasar Spotify dan Apple di kemudian hari, hal ini masih harus dikaji lagi.

Namun yang pasti dengan memadukan podcast audio dan video bersama-sama serta memanfaatkan jangkauan YouTube Music yang sangat besar, hal itu pasti dapat menarik perhatian pendengar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin