Ini Cara Kenali QRIS Palsu biar Tak Tertipu - detikFinance

 

Ini Cara Kenali QRIS Palsu biar Tak Tertipu

Ahmad Syahri Wijayanto - detikFinance
Rabu, 12 Apr 2023 14:07 WIB


Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Belakangan ini marak terjadi modus QRIS palsu, di mana ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang menempelkan QRIS milik pribadi di kotak amal beberapa masjid dan tempat umum.

Metode pembayaran QRIS sudah lama beroperasi di kalangan masyarakat sebagai metode pembayaran yang dinilai praktis.

Fitur ini dirilis langsung oleh Bank Indonesia (BI), Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang dibaca KRIS sebagai penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS sendiri difungsikan untuk memudahkan proses transaksi dengan QR code agar lebih cepat, dan terjaga keamanannya. Semua PJSP yang akan menggunakan QR code, wajib menerapkan QRIS.

Bagaimana cara kenali QRIS palsu?

Saat bertransaksi QRIS masyarakat diimbau untuk memperhatikan informasi pada QRIS yang dipindai.

Pertama, konsumen harus menggunakan PJSP atau aplikasi yang memang resmi dan berlisensi BI, dan ikuti semua arahan dari aplikasi PJSP tersebut.

BI menerangkan dalam sebuah tanya jawab tentang QRIS, konsumen harus membudayakan untuk menggunakan pembayaran QR dan memverifikasi keakuratan setiap melakukan pembayaran. Saat men-download aplikasi pembayaran menggunakan QRIS, konsumen hanya boleh menggunakan aplikasi PJSP yang authorized sesuai petunjuk masing-masing PJSP.

Selanjutnya, saat diminta memasukan nominal jumlah yang ingin ditransfer, pastikan nama tujuan atau merchant di aplikasi sesuai dengan nama merchant yang tertera di dalam label QRIS

Setelah pembayaran berhasil, konsumen dan merchant akan sama-sama menerima notifikasi bukti pembayaran.

Jika konsumen mencurigai adanya penipuan atau permasalahan dalam melakukan transaksi, segera melaporkannya ke PJSP terkait.

BI juga menerangkan, aplikasi PJSP memiliki fitur keamanan untuk membantu mendeteksi dan mencegah fraud transaksi ke merchant palsu.

Cara Menggunakan QRIS
- Unduh dan registrasi akun di salah satu aplikasi PJSP berijin QRIS yang terdaftar atau pada dompet digital yang biasa digunakan
- Lakukan registrasi akun pada aplikasi atau dompet digital sesuai prosedur PJSP tersebut
- Buka aplikasinya lagi, cari icon scan/gambar QR/pay, scan QRIS merchant, masukan nominal, masukan PIN, klik bayar, liat notifikasi

Manfaat menggunakan QRIS sendiri untuk para konsumen akan diuntungkan pada saat melakukan transaksi pembayaran. Nantinya pembayaran akan cepat dan praktis, tidak perlu repot-repot bawa uang tunai. Hingga ada istilah 'Just Scan and Pay', yang berarti tinggal scan dan bayar.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki, QRIS memiliki karakteristik khusus bernama UNGGUL yang merupakan singkatan dari UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung.




(fdl/fdl)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)