Phishing Aset Kripto Meningkat 40%, Begini Modusnya - Beritasatu

 

Phishing Aset Kripto Meningkat 40%, Begini Modusnya

Rabu, 12 April 2023 | 12:19 WIB
Herman / HE
Ilustrasi perdagangan Kripto.
Ilustrasi perdagangan Kripto. (Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Laporan terbaru Kaspersky mengungkapkan, lanskap ancaman keuangan mengalami perubahan signifikan pada tahun 2022. Penjahat dunia maya kini telah mengalihkan perhatian mereka ke ranah baru, termasuk industri kripto.

Pada 2022, phishing aset kripto meningkat secara signifikan dan dimasukkan sebagai kategori terpisah, menunjukkan pertumbuhan 40% year-on-year (YoY) dengan 5.040.520 deteksi phishing kripto pada 2022 dibandingkan dengan 3.596.437 pada 2021.

Meskipun sebagian besar penipuan kripto adalah trik tradisional seperti penipuan giveaway atau halaman phishing dompet palsu, skema penipuan aktif baru-baru ini yang ditemukan oleh Kaspersky menunjukkan bahwa penipu terus-menerus menemukan teknik baru untuk memastikan kesuksesan mereka. Salah satu modusnya, pengguna menerima file PDF dalam bahasa Inggris melalui email, yang menyatakan bahwa mereka diduga telah terdaftar di platform cryptocurrency cloud mining sejak lama dan harus segera menarik sejumlah kripto karena akun mereka tidak aktif. File tersebut berisi tautan ke platform penambangan palsu. Untuk menarik kripto, pengguna harus mengisi formulir dengan informasi pribadi, termasuk nomor kartu atau akun, dan membayar komisi, dalam hal ini, melalui dompet kripto atau langsung ke alamat dompet yang ditentukan.

Advertisement

“Terlepas dari beberapa masalah yang terjadi di pasar aset kripto selama enam bulan terakhir, di benak banyak orang, kripto masih tetap menjadi simbol untuk memperoleh kekayaan secara cepat dengan usaha minimal. Karena itu, aliran scammers yang memanfaatkan topik ini tidak akan pernah berhenti. Untuk memikat korban ke dalam jaringan mereka, penipu terus membuat skenario baru dan lebih menarik," kata pakar keamanan di Kaspersky Olga Svistunova dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

Untuk memaksimalkan manfaat menggunakan aset kripto dengan aman, pakar Kaspersky mengingatkan untuk berhati-hatilah terhadap penipuan phishing. Penipu sering kali menggunakan email phishing atau situs web palsu untuk mengelabui orang agar mengungkapkan kredensial masuk atau kunci pribadi mereka. Selalu periksa ulang URL situs web dan jangan klik tautan yang mencurigakan.

Selain itu, jangan bagikan kunci pribadi. Seluruh bentuk data pribadi akan membuka kunci dompet aset kripto Anda. Jaga kerahasiaannya dan jangan pernah membaginya dengan siapa pun. Penting juga untuk tetap terinformasi tentang ancaman dunia maya terbaru dan praktik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang perlindungan diri, semakin baik perlengkapan untuk mencegah serangan dunia maya.

Yang juga penting, sebelum berinvestasi dalam aset kripto apa pun, teliti proyek dan tim di belakangnya secara menyeluruh. Periksa situs web proyek, regulasi, dan saluran media sosial untuk memastikan bahwa proyek tersebut sah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)