3 Tips Agar Akun Gmail Aman Susah Dibobol Hacker - CNBC Indonesia

 

3 Tips Agar Akun Gmail Aman Susah Dibobol Hacker

Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
Tech
Selasa, 30/05/2023 14:15 WIB
Foto: Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Google punya fitur keamanan baru yang diberi nama passkey (kunci sandi). Fitur ini dirilis untuk menggantikan password (kata sandi) dalam proses masuk (login) ke Gmail.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu tak menampik bahwa password masih akan digunakan dalam beberapa waktu ke depan. Namun password seringkali membuat pengguna frustrasi karena sering lupa dan berisiko jatuh ke tangan yang salah.

Google menilai teknologi ini lebih aman dan menjadi alternatif password yang lebih nyaman untuk pengguna, ketimbang harus repot mengetik password.

Pengguna dapat memilih jenis passkeys yang terdiri dari pemindai sidik jari (fingerprint), pemindai wajah (face scan), hingga kode PIN. Walau terbilang lebih mudah, tingkat keamanannya justru lebih tinggi ketimbang cara login yang lama.

Selain passkey ada Google punya fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan akun Google Anda. Apa saja? berikut selengkapnya.

1. Security Checkup

Anda bisa mengunjungi laman myaccount.google.com melalui perangkat komputer. Laman tersebut akan mengarah ke "Manage Account dari Google.

Di sana Anda bisa banyak menemukan informasi terkait akun Anda. Di bagian "Keamanan" bisa melihat cara Anda login ke Google. Pastikan Anda dapat mengakses akun Gogole dengan terus mempebarui informasi ini.

Adapun informasinya termasuk, Verifikasi 2 langkah atau 2 step verification, kunci sandi atau passkey, sandi atau password, nomor telpon verifikasi 2 langkah, nomor telepon pemulihan, dan email pemulihan.

Selain itu juga ada daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google, dan aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke akun. Semuanya lengkap dipaparkan di sana.

Dengan demikian, kika melihat ada sesuatu yang janggal seperti aktivitas tak biasa di perangkat yang bukan milik Anda, sebaiknya dilakukan tindakan dengan me-logut akun Google.

2. Cek privasi data

Google menyediakan cara bagi pengguna untuk melakukan pengecekan privasi data yang bisa diakses melalui link ini https://myaccount.google.com/.

Pengguna bisa mengeklik bagian "Data dan Privasi". Di laman tersebut, ada beberapa pilihan menu yang bisa dilihat atau ditinjau oleh pengguna.

Pengguna juga diberi pilihan untuk menonaktifkan fitur iklan yang dipersonalisasi oleh Google, informasi apa saja yang ingin dibagikan ke akun lain, dan aplikasi pihak ketiga mana saja yang menggunakan akun Google.

Berbeda dengan sebelumnya, di halaman ini, pengguna dapat mengatur sejauh mana Google ataupun pihak ketiga dapat mengakses informasi data pribadi Anda di akun Google.

Meski sudah ada passkey, password atau kata sandi belum bisa benar-benar ditinggalkan. Untuk itu masih perlu bagi pengguna rutin mengubah password akun Google.

Anda bisa menggantinya dengan mengeklik "Informasi Pribadi" di menu samping pengaturan Google. Lalu gulir layar ke bawah hingga menemukan "Password".

Demikian cara menjaga keamanan akun Gmail. Semoga membantu!

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)