Calo Disebut Pakai Bot Saat War Tiket Coldplay, Pakar Siber: Di Negara Lain Dilarang - Tempo

Calo Disebut Pakai Bot Saat War Tiket Coldplay, Pakar Siber: Di Negara Lain Dilarang

6-7 minutes
Minggu, 21 Mei 2023 09:43 WIB
Tangkapan layar dari situs coldplayinjakarta.com sesaat setelah waktu penjualan tiket konser resmi dibuka pada hari ini, Jumat, 19 Mei 2023. Tampak terlihat bahwa ruang tunggu pemesanan telah penuh dan ada lebih dari 500 ribu pengguna yang mengantre sebelumnya. (Sumber: coldplayinjakarta.com)

TEMPO.COJakarta - Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha mengatakan program bot seperti saat war tiket konser Coldplay biasanya digunakan para calo. Tujuannya untuk mendapatkan tiket, lalu dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Menurut Pratama, hal itu sangat merugikan untuk calon pembeli tiket lainya. Namun sayangnya di Indonesia hal ini tidak dianggap sebagai sebuah kejahatan yang dapat dihukum. “Selama calo tiket tersebut tidak melakukan pemaksaan pada saat penjualan tiket, serta tiket yang dijual adalah tiket asli,” ujar dia melalui pesan WhatsApp pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Ia lalu membandingkan dengan beberapa negara yang menjatuhkan sanksi kepada para calo yang memanfaatkan momen seperti konser Coldplay itu. Salah satunya Taiwan yang memberikan hukuman penjara tiga tahun serta denda sebesar 50 kali lipat dari harga tiket asli.

Selain itu, di Amerika sendiri syarat serta sanksi terhadap calo sangat bervariasi antar negara bagian. Dengan hukuman maksimal adalah denda sebesar US$ 1.000 dan atau penjara maksimal satu tahun.

“Kanada bahkan memberikan sanksi denda yang lebih besar lagi yaitu Dolar Kanada atau CAD 200.000 untuk tindakan pencaloan yang dilakukan oleh korporasi dan melanggar hukum,” tutur Pratama.

Advertising

Advertising

Kabar mengenai penggunaan bot saat war tiket Coldplay pada 17-18 Mei 2023 beredar di media sosial Twitter—konser Coldplay digelar pada 15 November 2023. Seorang pengguna Twitter dengan akun @martabakiju mengeluhkan hal itu melalui cuitannya. “Kalau e-ticketing belum bisa mengatasi bot gini hapus sajalah sistem ticket war online, balik saja ke antre fisik,” cuit dia pada 17 Mei 2023 lalu.

Akun itu juga mengunggah sebuah video berdurasi 24 detik yang menggambarkan situasi penggunaan bot di sebuah tempat dengan beberapa unit komputer yang dipantau pembeli tiket Coldplay. Komputer-komputer tersebut terlihat bekerja dan melakukan transaksi pembelian tiket konser Coldplay.

“Antre tiket fisik calonya orang beneran, keliatan, bisa diidentifikasi dan dihitung. Ticket war online calonya bot dan bisa direplikasi sesuka hati. Bobrok,” cuit @martabakiju lebih jauh soal dugaan kecurangan dalam war tiket Coldplay yang lalu.

Pilihan Editor: Program Bot saat War Tiket Coldplay Mudah Digunakan, Pakar Siber: Bisa Pakai Smartphone

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

3 jam lalu

Ragam Kata Pakar Siber Soal War Tiket Coldplay yang Pakai Bot, Di AS Bisa Dipenjara

Penggunaan bot saat war tiket konser Coldplay buat pakar siber buka suara. Begini kata mereka.

Baca Selengkapnya

5 jam lalu

Terpopuler Sepekan: LockBit Bocorkan Data Nasabah BSI hingga Bisnis Surya Paloh Terpukul Usai Deklarasi Anies Baswedan

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis selama sepekan ini dimulai dari imbas BSI tak membayar tebusan serangan ransomware.

Baca Selengkapnya

6 jam lalu

Cuitan Netizen Soal Keluhan Tiket Konser Coldplay di Twitter, Galau Belum Bisa Nonton

Tiket konser Coldplay yang sulit didapatkan walaupun melalui sistem antrean ternyata membuat banyak netizen berkeluh kesah di media sosial.

Baca Selengkapnya

11 jam lalu

Adu Cepat War Tiket Band Rock Dunia

Para penggemar kelompok musik itu mulai mengatur strategi untuk war tiket.

Baca Selengkapnya

13 jam lalu

Program Bot saat War Tiket Coldplay Mudah Digunakan, Pakar Siber: Bisa Pakai Smartphone

Kabar mengenai penggunaan bot saat war tiket Coldplay beredar di media sosial Twitter.

Baca Selengkapnya

14 jam lalu

Top 3 Dunia: KTT G7, Konser Coldplay di Malaysia, Zelensky Bertemu MBS

KTT G7 di Jepang yang didominasi dengan pembicaraan tentang perang Ukraina menjadi berita unggulan dalam Top 3 Dunia.

Baca Selengkapnya

1 hari lalu

Ramai Pakai Bot saat War Tiket Coldplay, Pakar Siber CISSReC Ungkap Cara Kerjanya

Pakar keamanan siber dari CISSReC Pratama Persadha menjelaskan cara kerja program bot yang dibunakan beberapa orang saat war tiket Coldplay.

Baca Selengkapnya

1 hari lalu

Ingatkan Pemerintah Tak Cuma Fokus Bawa Masuk Wisman, Praktisi: Banyak Orang Indonesia Wisata Belanja ke Singapura

Pemerintah harus memperhitungkan jumlah orang Indonesia yang berwisata ke luar negeri di tengah target mendatangkan jutaan wisman ke dalam negeri.

Baca Selengkapnya

1 hari lalu

Daftar Negara Tur Dunia Coldplay 2023 Serta Jadwalnya

Coldplay resmi mengumumkan akan melakukan tur dunia dengan konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour 2023

Baca Selengkapnya

1 hari lalu

Terkini: Reaksi Pemerintah pada Ancaman PA 212 Hadang Coldplay, Jokowi Lobi PM Jepang dan Inggris

Berita terkini: Reaksi pemerintah terhadap ancaman Persatuan Alumni 212 atau PA 212 yang akan hadang konser Coldplay, Presiden Jokowi lobi PM Jepang d

Baca Selengkapnya

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)