Huawei Daftarkan Paten NetGPT, Chatbot AI Baru Pesaing ChatGPT? - Tempo

Huawei Daftarkan Paten NetGPT, Chatbot AI Baru Pesaing ChatGPT?

Zacharias Wuragil
5-7 minutes
Sabtu, 29 April 2023 11:15 WIB


TEMPO.COJakarta - Huawei dikabarkan tak mau ketinggalan membuat chatbot AI versinya sendiri. Huawei baru-baru ini mengajukan permohonan merek dagang untuk nama chatbot-nya itu.

Huawei NetGPT, demikian nama yang tertulis di kantor paten dan merek dagang Cina. Merek dagang ini berada dalam kategori Kelas 9 yang mencakup instrumen ilmiah, dan saat ini terdaftar sebagai 'tertunda'. Selain itu, tidak ada informasi yang tersedia tentang NetGPT.

Diduga dengan pemberian nama "NetGPT", arahnya sudah cukup jelas bahwa Huawei bermaksud mengembangkan sistem chatbot AI yang mirip dengan ChatGPT. Dugaan diperkuat oleh pernyataan sebelumnya dari perusahaan asal Cina ini bahwa mereka tidak akan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam produknya. Sebaliknya, akan fokus pada pengembangan teknologi AI yang lebih canggih.

Sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai calon produk baru ini dari Huawei. Tapi, dengan masuknya Huawei ke dunia kecerdasan buatan, berarti lebih banyak opsi dan potensi chatbot AI yang lebih menarik untuk konsumen. 

Update ChatGPT

ChatGPT membuat pembaruan yang memungkinkan pengguna mematikan riwayat obrolan. OpenAI, pengembangnya, baru saja mengumumkan perubahan baru pada platform ChatGPT yang sedang populer tersebut.

Fitur baru ini pada dasarnya memungkinkan pengguna memilih percakapan mana yang akan melatih modelnya. Di sisi lain, sekalipun dimatikan, masih ada akses melalui sidebar "riwayat". OpenAI telah menyatakan akan mempertahankan setiap percakapan baru dengan bot obrolan selama 30 hari.

Perusahaan  juga mengumumkan bahwa obrolan ini hanya akan ditinjau jika diperlukan untuk memantau penyalahgunaan, sebelum dihapus secara permanen. OpenAI lebih lanjut menambahkan harapannya pembaruan memberikan cara yang lebih mudah untuk mengelola data pengguna daripada proses membersihkannya.

Selain itu, OpenAI mengumumkan sedang mengerjakan langganan Bisnis ChatGPT baru. Model ini pada dasarnya ditargetkan untuk perusahaan yang membutuhkan lebih banyak kontrol atas data mereka.

Pengumuman ini juga mengungkapkan bahwa akan ada opsi baru di pengaturan, yang akan memudahkan pengguna untuk mengekspor data mereka dari ChatGPT. Caranya, dengan mengirimkan file berisi percakapan pengguna dan setiap data penting lainnya melalui email.

GIZMOCHINA 

Pilihan Editor: Prediksi Cuaca BMKG, Ini 3 Kota di Indonesia Bakal Terpanas Hari Ini


Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






ChatGPT Kembali Hadir di Italia Setelah Mengatasi Masalah Privasi Data

5 jam lalu

Garante memblokir ChatGPT pada bulan Maret lalu karena kekhawatiran tentang bagaimana ChatGPT memproses dan menyimpan data pengguna.

Uni Eropa Rintis UU Pertama yang Akan Atur ChatGPT dan Alat AI Lainnya, Begini Rancangannya

8 jam lalu

Teknologi AI mengalami ledakan investasi dan popularitas mengikuti rilis ChatGPT oleh OpenAI pada akhir tahun lalu.

Penelitian Stanford dan MIT: AI Meningkatkan Produktivitas Pekerja Sebesar 14 Persen

2 hari lalu

Alat AI membantu agen customer service menjadi 14 persen lebih produktif, menurut penelitian Stanford dan MIT.

OpenAI: Pengguna ChatGPT Kini Dapat Mematikan Riwayat Obrolan

4 hari lalu

Percakapan yang dimulai saat riwayat obrolan dimatikan tidak akan digunakan untuk melatih dan menyempurnakan model ChatGPT.

Seri Huawei Mate 60 Bakal Rilis Oktober, Hadirkan Koneksi 5G?

4 hari lalu

Seri Huawei Mate 60 diperkirakan akan memiliki konektivitas 5G.

Sengaja Pakai AI, Pemenang Kompetisi Fotografi Dunia Tolak Hadiah

5 hari lalu

Seniman asal Jerman, Boris Eldagsen, menolak Penghargaan Fotografi Sony World (SWPA) 2023 setelah mengungkapkan karyanya merupakan hasil kecerdasan buatan (AI).

TVOne Perkenalkan Presenter Avatar dan Klaim Media Berbasis AI

6 hari lalu

TVOne bidik pasar Gen Z. Akui produk avatar masih dalam pengembangan.

Realme 11 Pro+ Akan Punya Kamera 200 MP, Ada Mode Bulan

9 hari lalu

Memotret Bulan tampaknya menjadi tren masa kini dari fitur dan kemampuan ponsel kelas atas. Kabar terbaru, Realme 11 akan bergabung.

Huawei Enjoy 60X Meluncur dengan Baterai 7.000 mAh, Tak Ada Info Harga

12 hari lalu

Menawarkan hingga lima pilihan warna, Huawei tak menyertakan harga dan ketersediaan unit. Diduga, Huawei Enjoy 60X tidak akan dijual di luar Cina.

Begini Bing Menjawab Data Kematian Akibat Kanker, Dinilai Unik

13 hari lalu

Chatbot AI milik Microsoft, Bing, dengan kemampuan yang ditingkatkan, membuat banyak pengguna tertarik untuk mencobanya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)