Mahfud MD Ungkap 60 Persen Anggaran Kominfo Dikelola BAKTI - inews

  

Mahfud MD Ungkap 60 Persen Anggaran Kominfo Dikelola BAKTI

4-5 minutesMahfud MD Ungkap 60 Persen Anggaran Kominfo Dikelola BAKTI Plt Menkominfo, Mahfud MD mengungkap 60 persen anggaran Kominfo dikelola oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mahfud MD mengungkap 60 persen anggaran Kominfo dikelola oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Salah satu kegunaannya untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S&K ðŸ“… 31 May 2023

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD kepada awak media di Media Center Kantor Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

Mahfud MD Lantik Empat Pejabat Eselon I Kemenkominfo

"Lebih dari 60 persen anggaran Kominfo itu dikelola oleh BAKTI maka sudah harus hati-hati," ujar Mahfud MD.

Mahfud mengungkap pengelolaan dana sebesar itu harus dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) BAKTI yang berkompeten. Dia pun menjelaskan seleksi Dirut BAKTI yang sedang berjalan saat ini terpaksa diulang karena tidak ada satu pun yang lulus.

Baca Juga

Infografis Mahfud MD Lapor Presiden Jokowi Soal Aliran Dana Korupsi BTS 

"Kami membuka lagi pendaftaran untuk mencari lagi Dirut yang bisa memenuhi syarat untuk institusi yang sebesar BAKTI ini secara terbuka dan profesional. Karena proses seleksi yang sudah berjalan dinyatakan berhenti sampai di sini karena tidak ada yang memenuhi syarat kompetensi. Sehingga dinyatakan semua tidak lulus menjadi Dirut BAKTI," ucap Mahfud MD.

Sebagaimana diketahui BAKTI Kominfo saat ini tengah mengerjakan proyek Base Transceiver Station (BTS) merupakan bagian dari proyek penyediaan layanan 4G di 7.904 desa yang masuk kategori 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Proyek ini mendapat perhatian publik karena terindikasi ada tindakan korupsi di mana mantan Menkominfo Johnny G Plate telah ditetapkan tersangka dan ditahan oleh Kejaksaan Agung.

Dalam proyek BTS, BAKTI Kominfo menerapkan sistem kerja sama operasi (KSO) bersama perusahaan operator seluler yang memiliki lisensi di Indonesia. Dalam skema KSO ini, BAKTI Kominfo bertanggung jawab melakukan pembangunan serta pemeliharaan infrastruktur BTS 4G, termasuk di dalamnya menyediakan lahan. 

Sementara, mitra operator seluler bertanggung jawab menyediakan layanan 4G kepada pelanggan, termasuk di dalamnya melakukan operasi dan pemeliharaan jaringan 4G secara keseluruhan.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin