Mengenal Pesan Terenkripsi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui - inews

 

Mengenal Pesan Terenkripsi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

4-5 minutesMengenal Pesan Terenkripsi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Mengenal Pesan Terenkripsi, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui (Foto: Jamie Street/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah layanan perpesanan dan media sosial terus berupaya memberikan keamanan kepada penggunanya seperti memberikan pesan terenkripsi. Apa sebenarnya pesan terenkripsi?

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Sudah banyak layanan yang menawarkan pesan terenkripsi. Belum lama ini, Twitter juga mengeluarkan DM terenkripsi untuk penggunanya. 

Baca Juga

Pesan Sholat Idul Fitri di Kupang, Umat Islam Diajak Bantu Fakir Miskin dengan Sedekah

Sayangnya, mungkin tidak semua pengguna aplikasi mengetahui maksud terenkripsi. Pesan yang dienkripsi ini sebenarnya sangat penting bagi pengguna layanan. Yuk, mengenal pesan terenkripsi lebih dekat. 

Mengenal Pesan Terenkripsi 

1. Pengertian Pesan Terenkripsi

Enkripsi adalah cara melindungi percakapan pengguna. Ini penting karena banyak informasi pribadi dan rahasia yang dibagikan pengguna kepada teman, keluarga, atau kolega, dan Anda tak ingin informasi ini bocor. 

Sederhananya, enkripsi cara mengunci data sehingga mereka yang memiliki kunci lah yang dapat membukanya. 

2. Beda dengan Enkripsi End-to-end

Tak semua pesan terenkripsi ini sama. Enkripsi end-to-end memastikan Anda dan penerima dapat membaca pesan bukan platform yang digunakan. Jadi, hanya penerima dan pengirim yang memiliki kunci yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan, dan bukan si platform. 

Enkripsi end-to-end ini akan melindungi semua pesan dari serangan, termasuk man-in-the middle. Banyak aplikasi yang sudah mengadopsi fitur ini, tapi banyak yang tidak menerapkannya secara default. Contoh aplikasi yang menawarkan enkripsi end-to-end secara default adalah Signal dan WhatsApp.  

3. Apakah Enkripsi Hanya Melindungi Pesan yang Dikirim

Jawabannya tidak. Tapi aplikasi perpesanan enkripsi end-to-end yang diterapkan secara default akan memberikan tingkat perlindungan yang sama untuk semua file yang dibagikan.

4. Cara Lain Bikin Percakapan Lebih Private

Selain enkripsi end-to-end, setiap aplikasi perpesanan menawarkan berbagai fitur privasi tambahan yang berbeda. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin membuat pesan tidak tersedia selamanya. 

Dengan fitur pesan sementara, Anda dapat memilih berapa lama pesan tetap ada sebelum menghapusnya secara otomatis. Pada WhatsApp, selain fitur Pesan Sementara, Anda juga dapat mengaktifkan lapisan perlindungan tambahan dengan mengaktifkan sejumlah fitur seperti Kunci Pesan. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News


Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)