Pendiri Apple Suarakan Bahaya AI, Bikin Penipu Merajalela- detik

 

Pendiri Apple Suarakan Bahaya AI, Bikin Penipu Merajalela

By Virgina Maulita Putri
detikcom
Co-founder Apple Ikut Suarakan Bahaya AI Foto: Getty Images
Co-founder Apple Ikut Suarakan Bahaya AI Foto: Getty Images
Jakarta-

Co-founder Apple Steve Wozniak ikut menyuarakan kekhawatirannya terhadap kecerdasan buatan (AI) yang makin canggih, Menurutnya, AI bisa membuat pengguna semakin sulit mengidentifikasi penipuan dan misinformasi.

Dalam wawancara dengan BBC, pria yang kerap disapa Woz ini berbicara soal manfaat dan risiko AI yang semakin canggih. Ia mengatakan konten buatan AI seharusnya memiliki label yang jelas, dan harus diregulasi.

"AI sangat cerdas dan terbuka untuk pemain jahat, yang ingin mengelabui kalian tentang siapa mereka," kata Woz, seperti dikutip dari BBC, Rabu (10/5/2023).

Woz menambahkan ia yakin AI tidak akan menggantikan manusia karena sistem komputer itu tidak memiliki emosi. Namun, pria berusia 72 tahun itu mengatakan AI bisa membuat aktor jahat terlihat lebih meyakinkan karena program seperti ChatGPT bisa membuat teks yang terdengar cerdas.

Woz sendiri sebelumnya menandatangani surat terbuka bersama Elon Musk dan tokoh teknologi lainnya yang meminta jeda pengembangan model AI paling canggih selama enam bulan.

Meski begitu, Woz meyakini teknologi ini tidak bisa dihentikan. Tapi perusahaan teknologi harusnya bisa melatih pengguna internet agar bisa mendeteksi percobaan penipuan atau pencurian data pribadi menggunakan AI.

Menurut Woz, manusia harus tetap bertanggung jawab atas konten buatan AI yang diunggah secara publik. Ia juga meminta regulator untuk meminta perusahaan teknologi raksasa untuk bertanggung jawab atas ciptaannya, walaupun ia sedikit skeptis.

"Saya rasa kekuatan yang terdorong oleh uang biasanya menang, yang terdengar agak menyedihkan," ujarnya.

Komentar Woz ini senada dengan apa yang diungkap oleh CEO Apple saat ini Tim Cook. Saat berbicara dengan investor Apple pekan lalu, Cook mengatakan Apple akan mendekati AI secara hati-hati dan bijaksana.

"Kami memandang AI sebagai sesuatu yang sangat besar, dan kami akan terus mengintegrasikannya ke dalam produk kami dengan sangat hati-hati," kata Cook.

Simak Video "Apple Bakal Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Klasik "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)