vivo bersama Kawan Baik Indonesia Bangun Akses Air Bersih di Pedalaman Sumba Timur - Inews

 

vivo bersama Kawan Baik Indonesia Bangun Akses Air Bersih di Pedalaman Sumba Timur

8-10 minutes
vivo bersama Kawan Baik Indonesia Bangun Akses Air Bersih di Pedalaman Sumba Timur Warga Desa Mbinudita kini dapat mengambil air dari tangki ferosemen di dekat rumah melalui program Mbinudita Water Connections. (Foto: dok vivo)

JAKARTA, iNews.id vivo Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Kawan Baik Indonesia menyalurkan air bersih di area pedalaman Sumba Timur, tepatnya di Desa Mbinudita. Upaya ini dilakukan melalui program bertajuk ‘Mbinudita Water Connections’. 

Shopee

FLASH SALE Rp99 DAY

Total Hadiah 2M | GRATIS ONGKIR s/d 20 RIbu | Flash Sale Rp99 | Diskon hingga 70%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Sejatinya, masyarakat Desa Mbinudita sangat membutuhkan air untuk menyuburkan lahan pertanian yang saat ini bergantung pada air hujan dan sumber air desa. Sayangnya, rata-rata konsumsi air per-orang di Mbinudita sangat terbatas, yaitu kurang dari 10 liter per hari karena sulitnya akses air bersih.

Baca Juga

Melihat fenomena tersebut, vivo Indonesia memahami sulitnya akses air bersih dan kemampuan finansial yang kurang memadai bagi masyarakat di Desa Mbinudita untuk memenuhi kebutuhan air bersih,  serta kurangnya pengetahuan, kapasitas, dan sumber daya.  

Padahal, air bersih sangat berperan penting dalam kehidupan dan berdampak pada kualitas hidup, termasuk menunjang pendidikan para tunas bangsa. Oleh sebab itu, vivo Indonesia pun berupaya untuk memberikan akses air bersih dan mendukung pola hidup sehat melalui pelatihan. 

Baca Juga

Inisiatif yang menjadi bentuk perwujudan misi ‘Joy of Humanity’ ini juga memberikan fasilitas sanitasi kepada 1.000 warga dan pelajar di Desa Mbinudita. Melalui beragam upaya tersebut, vivo Indonesia ingin memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia, khususnya calon masa depan penerus yang inovatif, cerdas, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. 

Toilet umum di Kokur yang berhasil dibangun vivo Indonesia bersama Kawan Baik Indonesia. (Foto: dok vivo)
Toilet umum di Kokur yang berhasil dibangun vivo Indonesia bersama Kawan Baik Indonesia. (Foto: dok vivo)

Sebelumnya, vivo Indonesia juga telah menyalurkan total bantuan sebesar Rp875.625.000 kepada Kawan Baik Indonesia untuk mendukung proyek Mbinudita Water Connections. Tahap implementasi proyek kemudian dimulai pada September 2022, dan hingga saat ini telah menyelesaikan tahap ketiga dan keempat pada awal 2023.

Dua tahap pertama pengeboran sumur dan jalur distribusi air pun sudah rampung pada 2022 lalu. Pada tahap pertama dan kedua, lima unit tangki air ferosemen dipasang dan enam tangki air kini telah terhubung ke sumber air dari bor, mendistribusikan air bersih ke desa-desa, termasuk sekolah dan toilet umum dengan dukungan dari Fair Future Foundation. 

Sementara itu, tahap ketiga dan keempat difokuskan pada penyediaan akses air bersih bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar, pelatihan pembangunan infrastruktur air bersih dengan teknologi tepat guna, serta pemberian pelatihan kesehatan dan sanitasi. 

PR Manager vivo Indonesia Alexa Tiara mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, vivo Indonesia berkomitmen untuk menjunjung keberlanjutan dan peningkatan kualitas hidup, termasuk pendidikan, bagi masyarakat Indonesia yang paling membutuhkannya. 

“Hal ini kami wujudkan melalui inisiatif yang kami lakukan pada proyek Mbinudita Water Connections untuk mendukung pembangunan akses air bersih serta pola hidup sehat kepada warga dan pelajar di Mbinudita,” tuturnya.

Langkah penyaluran air bersih ini, dinilai Program Manager Kawan Baik Indonesia Novi Tri  Mujahidin, sebagai langkah penting untuk mencapai Sustainable Development Goals. Terutama dalam hal memberantas kemiskinan (eradicate poverty), mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan yang baik (promoting good health and well-being), menyediakan air bersih dan sanitasi (providing clean water and sanitation), dan mencapai tujuan tersebut dengan kemitraan (achieving goals with partnerships).

“Kami sangat senang karena menjadi bagian dari inisiatif ini dan berharap dapat terus bersinergi dengan vivo Indonesia dan didukung oleh Fair Future Foundation untuk memberikan dampak jangka panjang bagi komunitas Mbinudita. Akses untuk air bersih sangatlah penting bagi kesehatan dan kesejahteraan individu serta komunitas, dan kami yakin bahwa proyek ini akan memberikan perbedaan yang signifikan dalam kehidupan mereka yang tinggal di area tersebut,” katanya.

Adapun proyek ini juga dilakukan dengan kegiatan-kegiatan pendukung yang memastikan adanya keberlanjutan yang terus berjalan. Antara lain, yaitu pembuatan sumur bor, instalasi listrik pompa air sampai ke bukit, tangki air ferosemen dan pemanenan air hujan,  serta menyusun dan melibatkan warga dalam kepanitiaan air.

Kemudian, dilakukan pendistribusian air melalui pipanisasi, pembangunan toilet umum, pelatihan tentang air bersih dan sanitasi sehat, pelatihan untuk penerapan pola hidup sehat, dan pelatihan kebun nutrisi. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mengikutsertakan warga desa secara aktif, sehingga terjadi peningkatan kapasitas melalui community outreach yang bermuara pada penerapan pola hidup sehat di desa setelah akses air bersih terjangkau.

Warga Desa Mbinudita mendapatkan pelatihan pola hidup sehat. (Foto: dok vivo)
Warga Desa Mbinudita mendapatkan pelatihan pola hidup sehat. (Foto: dok vivo)

Sebelumnya, warga harus berjalan kaki sejauh 1,5 hingga 3 kilometer menuju mata air atau sumur, karena tidak memiliki tempat penampungan air di sekitar rumahnya. Kini, lebih dari 800 masyarakat di Mbinudita memiliki akses yang lebih dekat ke air bersih yang belum pernah ada sebelumnya.

Pembangunan pada tahap ketiga dan keempat pun telah memperlihatkan hasil yang positif dengan beberapa pencapaian dan dibangunnya beberapa fasilitas. Antara lain, yaitu sejumlah 11 tangki air dengan kapasitas 2.500 hingga 7.000 liter, dibangunnya 20 toilet umum dan 12 sistem kontrol air, serta pipa sepanjang 1.900 meter yang tersambung ke 12 desa.

Tak hanya itu, tersedia pula satu sumber listrik PLN dan pemasangan lubang bor otomatis, dan satu sumur bor dengan kedalaman 35 meter. Sebanyak 240 warga pun telah menerima pelatihan mengenai gaya hidup sehat dan pemenuhan nutrisi, sementara satu kelompok panitia kepengurusan air juga telah dibentuk dengan keikutsertaan sebanyak 10 anggota.

“Melalui kemitraan kami dengan Kawan Baik Indonesia, kami berharap dapat memberikan dampak yang signifikan dengan menyediakan air bersih bagi mereka yang paling membutuhkan. Kami percaya bahwa akses terhadap air bersih adalah hak asasi manusia yang mendasar, dan kami bangga dapat berkontribusi dalam proyek ini,” ucap Alexa.

Melalui Mbinudita Water Connections, vivo sebagai perusahaan teknologi terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Tidak hanya dari teknologi yang mumpuni, tetapi juga melalui kontribusi langsung terhadap masyarakat.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)