HP China Ga Laku, Xiaomi-Oppo Keok Tapi Merek Ini Laris Manis - CNBC Indonesia

 

HP China Ga Laku, Xiaomi-Oppo Keok Tapi Merek Ini Laris Manis

Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
Tech
08 June 2023 12:00
Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)
Foto: Penjualan Gawai CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis HP global belakangan lesu akibat kondisi makroekonomi yang tak stabil. Hal serupa terjadi di China.

Dalam laporan firma riset Counterpoint, pertumbuhan penjualan HP di China secara keseluruhan anjlok 5% pada Q1 2023 secara year-to-year (YoY).

Hampir semua pabrikan HP China mengalami penurunan pertumbuhan, kecuali Huawei. Raksasa tersebut tumbuh 41% YoY dengan pangsa pasar 9,2%.

Huawei menduduki posisi ke-6 dalam jejeran 'Top 7' pabrikan HP terbesar di China. Menurut Chief Technical Officer dari firma Consumer Business Group, Bruce Lee, ada dua seri ponsel Huawei yang jadi 'juru selamat' pabrikan tersebut, dikutip dari PhoneArena, Senin (8/6/2023).

Ponsel pertama adalah Huawei Mate X3 yang diklaim menjadi HP dengan penjualan terbaik di China. Selanjutnya, ada P60 yang disebut sebagai HP segmen flagship paling laku selama periode 3 bulan pertama 2023.

Pabrikan HP China Lain Anjok

Sepanjang Q1 2023, Oppo berada di posisi ke-2 sebagai pabrikan HP terbesar di China. Vendor tersebut harus rela mengalami penurunan 3%. Selanjutnya, Vivo di posisi ke-3 juga anjlok 15%.

Honor dan Xiaomi masing-masing ada di posisi ke-4 dan ke-5 dengan penurunan 18% dan 14%. Sementara Realme di posisi ke-7 anjlok 33%.

Di kala hampir semua vendor HP China mengalami penurunan di kandang sendiri, Apple yang merupakan produsen AS justru tumbuh positif.

Apple masih menjadi raja HP di China dengan pangsa pasar 19,9%. Selain Huawei, cuma Apple yang bisnisnya bertumbuh di Q1 2023 sebesar 6% YoY di Negeri Tirai Bambu.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin