Malware Mata-mata Incar Pemain Gim Super Mario 3: Mario Forever By BeritaSatu

 

Malware Mata-mata Incar Pemain Gim Super Mario 3: Mario Forever

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Super Mario 3: Mario Forever
Super Mario 3: Mario Forever

Jakarta, Beritasatu.com - Pengguna Google Chrome telah diperingatkan tentang aplikasi yang mungkin telah disusupi oleh malware untuk memata-matai pengguna melalui webcam atau kamera web mereka.

Dilansir dari The Sun, Selasa (27/6/2023), peneliti di Cyble mengungkapkan, para peretas telah menyuntikkan malware ke dalam versi palsu dari game populer Super Mario 3: Mario Forever, yang telah menginfeksi pemain tanpa disadari. Game gratis ini merupakan remake dari klasik Nintendo dan telah diunduh oleh jutaan orang.

Namun, para ahli keamanan siber menduga bahwa versi "trojan" dari game tersebut, yang menyembunyikan perangkat lunak berbahaya, sedang dipromosikan di forum game dan media sosial untuk menargetkan para gamer.

"Para pelaku ancaman menggunakan penginstal game untuk menyebarkan berbagai jenis malware karena game ini memiliki basis pengguna yang luas, dan pengguna umumnya mempercayai penginstal game sebagai perangkat lunak yang sah," jelas para peneliti Cyble dalam laporannya.

Game-game ini tampak seperti aslinya dan menawarkan para gamer opsi untuk bermain dalam gaya televisi klasik. Namun, di balik layar perangkat Anda, berbagai jenis malware dapat menyebar.

Malware ini tidak hanya dapat digunakan untuk memata-matai korban melalui kamera web mereka dan mengambil gambar tanpa sepengetahuan mereka, tetapi juga dapat digunakan untuk menambang mata uang digital seperti Bitcoin menggunakan perangkat korban, mencuri kata sandi yang mungkin tersimpan di peramban mereka, dan memblokir akses ke situs web antivirus.

Kampanye malware ini tidak hanya menargetkan pengguna Google Chrome, tetapi juga pengguna Microsoft Edge.

"Kampanye malware penambang koin ini memanfaatkan game Super Mario Forever untuk menargetkan para gamer dan individu yang menggunakan perangkat komputasi berperforma tinggi untuk bermain game," tulis para peneliti.

Selain itu, malware juga menyebarkan komponen pencuri untuk mencuri informasi sensitif secara ilegal dari sistem korban, dengan tujuan menghasilkan keuntungan finansial tambahan.

Jika Anda baru-baru ini mengunduh game Super Mario 3: Mario Forever, disarankan untuk memindai komputer Anda dari malware dan menghapus apa pun yang direkomendasikan oleh perangkat lunak antivirus Anda.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)