Pertama Kali di Dunia, Rudal S-350 Rusia Hancurkan Jet Tempur Ukraina Pakai Kecerdasan Buatan - inews

 

Pertama Kali di Dunia, Rudal S-350 Rusia Hancurkan Jet Tempur Ukraina Pakai Kecerdasan Buatan

inews.id
June 13, 2023
Rudal pertahanan S-350 Vityaz berteknologi IA untuk pertama kali menghancurkan target udara sesugguhnya dalam perang di Ukraina
Rudal pertahanan S-350 Vityaz berteknologi IA untuk pertama kali menghancurkan target udara sesugguhnya dalam perang di Ukraina

MOSKOW, iNews.id - Sistem pertahanan udara Rusia S-350 Vityaz untuk pertama kalinya menghancurkan target musuh secara otomatis. Rudal sistem pertahanan yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (IA) itu dikerahkan dalam operasi militer khusus di Ukraina.

“Baru-baru ini, untuk pertama kalinya di dunia, Pabrik Obukhov (produsen S-350) mengumumkan rudal sistem anti-pesawat S-350 Vityaz mengenai target di area operasi khusus (di Ukraina) dalam mode otomatis, menggunakan kecerdasan buatan tanpa campur tangan manusia," kata Menteri Perindustrian Rusia, Denis Manturov, kepada Sputnik, Selasa (13/6/2023).

Dia menegaskan, sistem pertahanan udara Rusia saat ini adalah satu-satunya di dunia yang bisa menghancurkan rudal hipersonik. Menurut dia, hanya angkatan bersenjata Rusia yang sudah mengoperasikan sistem pertahanan berteknologi IA saat ini.

Seorang sumber pejabat Rusia pada Mei lalu mengatakan, sistem S-350 Vityaz bisa mendeteksi, melacak, dan menghancurkan jet tempur dan drone musuh secara otomatis di wilayah operasi militer khusus untuk pertama kalinya.

Mode otomatis merujuk pada prinsip non-interferensi manusia, yakni keputusan sepenuhnya dibuat oleh IA.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin