Orang Miskin akibat Judi Online Jadi Beban Negara - IDXCHANNEL

Berselisih dengan Pemerintah, Perusahaan Jack Ma Rugi US$ 850 Miliar By BeritaSatu

 

Berselisih dengan Pemerintah, Perusahaan Jack Ma Rugi US$ 850 Miliar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Jack Ma
Jack Ma

Jakarta, Beritasatu.com - Perselisihan antara Jack Ma dengan pemerintah Tiongkok sempat membuatnya menghilang selama lebih dari 2 tahun. Tidak hanya itu, perselisihan ini juga menyebabkan kerugian perusahaannya hingga mencapai lebih dari US$ 850 miliar.

Kasus ini dimulai pada Oktober 2020 saat Jack Ma membuat otoritas Tiongkok marah setelah memberikan pidato yang mengkritik sistem regulasi keuangan Tiongkok. Dia menyebut bank-bank Tiongkok beroperasi dengan mentalitas "pegadaian". Pidatonya memicu pengawasan ketat terhadap bisnisnya, termasuk Alibaba dan Ant Group, serta tindakan keras yang lebih luas terhadap perusahaan teknologi di Tiongkok. Sejak saat ini, Jack Ma mengalami banyak kesulitan.

Dilansir dari Business Insider, Senin (10/7/2023), bank sentral Tiongkok pada Jumat (7/7/2023) mengumumkan denda sebesar 7,12 miliar yuan atau US$ 985 juta untuk Ant Group, raksasa fintech yang didirikan oleh Jack Ma dan mengoperasikan aplikasi pembayaran Alipay. Hal ini menandakan berakhirnya aksi keras regulasi selama bertahun-tahun.

Namun, aksi keras tersebut telah merugikan kekayaan Jack Ma dan valuasi pasar perusahaannya. Alibaba, perusahaan utama yang didirikan Jack Ma, mengalami penurunan nilai pasar sebesar 45% atau US$ 620 miliar sejak sahamnya mencapai puncak pada tahun 2020, menurut perhitungan Bloomberg pada Minggu (9/7/2023).

Saat ini, nilai Ant Group sekitar US$ 78,5 miliar, menunjukkan penurunan tajam sebesar 75% dari penilaiannya sebesar US$ 315 miliar dalam IPO yang dibatalkan sebelum aksi keras regulasi pemerintah Beijing pada tahun 2020.

Menurut Bloomberg's Billionaires Index, Senin (10/7/2023), kerugian kolektif sebesar US$ 850 miliar yang dialami Alibaba dan Ant telah menyebabkan kekayaan bersih Jack Ma turun dari sekitar US$ 61 miliar pada Oktober 2020 menjadi US$ 34,1 miliar.

Selama dinyatakan menghilang, Jack Ma sempat beberapa kali muncul. Pada Januari 2023, dia terlihat di Bangkok mengunjungi restoran bintang Michelin dan menonton pertarungan Muay Thai. Dia juga muncul di Hong Kong pada bulan yang sama. Pada bulan Maret 2023, Jack Ma kembali ke sekolah yang didirikannya di kampung halamannya di Hangzhou, Tiongkok timur. Bulan berikutnya, dia diangkat sebagai profesor kehormatan di Universitas Hong Kong.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin