30 mesin pencari keamanan siber terbaik untuk tahun 2024 - tek id

Google Gemini AI Diklaim Kalahkan ChatGPT, Ini Alasannya - katadata

 

Google Gemini AI Diklaim Kalahkan ChatGPT, Ini Alasannya

katadata.co.id
July 4, 2023
Ilustrasi Google
Ilustrasi Google

Google membangun Gemini AI, sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang diklaim akan mengalahkan kecanggihan ChatGPT milik Open AI. Apa alasannya?

Pada dasarnya, sistem Gemini AI adalah arsitektur AI generasi berikutnya yang akan menggantikan PaLM 2, model AI terkini di balik semua layanan AI Google.

Dikutip dari Gizmochina, CEO Google Deepmind, Demis Hassabis meyakini Gemini AI akan lebih unggul dari AI yang ada saat ini. Hassabis mengatakan sistem tersebut masih dalam pengembangan, dan butuh waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan teknologi AI.

Menurut Hassabis, biaya pengembangan AI Gemini diperkirakan mencapai ratusan juta dolar AS. Artinya, Google menempatkan banyak sumber daya ke dalam sistem AI. Investasi ini adalah salah satu faktor kunci dalam keyakinan Google bahwa Gemini AI akan melampaui model GPT 4 dari ChatGPT.

Keyakinan bahwa Gemini AI akan mengalahkan ChatGPT bukan hanya soal faktor biaya besar yang dikeluarkan Google, tetapi ini semua tentang inti dari sistem AI.

Sistem Gemini AI akan dibenamkan pada Google, termasuk duet AI di aplikasi Workspace dan Bard chatbot. Google sedang membangun Gemini AI agar lebih kuat daripada ChatGPT-4. Model OpenAI GPT 4 sudah menjadi model bahasa besar yang dapat menghasilkan teks dan gambar.

Sebelumnya, Google mengumumkan Gemini AI diciptakan menjadi multimodal yang sangat efisien dalam alat dan integrasi antarmuka pemrograman aplikasi atau application programming interface (API). Sistem ini dibangun untuk memungkinkan inovasi masa depan.

Menurut Google, Gemini AI akan hadir dalam berbagai ukuran dan kemampuan. Artinya fleksibel dan bisa disetel sesuai kebutuhan.

Google tidak ingin meniru sesuatu yang sudah ada. Itu sebabnya, perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini tidak menawarkan performa Gemini AI yang mirip dengan GPT 4 sebagai perhatian utama.

Hassabis dan tim mencoba meningkatkan Gemini AI dengan ide-ide dari area lain, seperti ilmu saraf dan robot. "Kami juga memiliki beberapa inovasi baru yang akan sangat menarik," ujar Hassabis.

Seperti yang diumumkan Google, Gemini AI dirancang untuk menjadi multimodal, yang berarti dapat menangani berbagai jenis data. Misalnya, dapat bekerja dengan video, audio, teks, dan gambar.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin