Giliran Data Penumpang KAI yang Dibobol Hacker - Uzone

Microsoft: Call of Duty Akan Tetap Tersedia di Sony Playstation By BeritaSatu

 

Microsoft: Call of Duty Akan Tetap Tersedia di Sony Playstation

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Game buatan Activision, Call of Duty Modern Warfare II
Game buatan Activision, Call of Duty Modern Warfare II

New York, Beritasatu.com - Sony telah menandatangani perjanjian yang mengikat dengan Microsoft untuk tetap menjadikan serial video game Call of Duty tersedia di konsol game PlayStation setelah penyelesaian akuisisi Activision Blizzard. Demikian diumumkan oleh Microsoft pada hari Minggu (16/7/2023).

Sebelumnya gamer Sony Playstation khawatir Microsoft akan memonopoli game ini jika mengakuisisi Activision Blizzard, pengembang Call of Duty, dalam megadeal senilai US$ 69 miliar atau Rp 1.000 triliun yang diperkirakan selesai pada Selasa (18/7/2023).

"Kami senang mengumumkan bahwa Microsoft dan PlayStation telah menandatangani perjanjian yang mengikat untuk tetap memiliki Call of Duty di PlayStation setelah akuisisi Activision Blizzard," ujar CEO Gaming Microsoft, Phil Spencer, dalam cuitan di Twitter pada hari Minggu.

BACA JUGA

Activision adalah pembuat rangkaian Call of Duty yang laris manis. Regulator-regulator di seluruh dunia telah menunjukkan kekhawatiran akan monopoli Microsoft di pasar game jika akuisisi Activision disetujui.

Microsoft merupakan produsen Xbox yang bersaing langsung dengan PlayStation milik Sony, sehingga muncul kekhawatiran bahwa Microsoft akan dapat membuat game Call of Duty dan lain-lain menjadi "eksklusif" untuk konsolnya sendiri dan menggusur Sony dari persaingan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Perjanjian ini mengurangi kekhawatiran tersebut, meskipun Microsoft dan Sony tidak mengungkapkan durasi perjanjian tersebut. Seorang juru bicara Microsoft menyatakan bahwa perjanjian ini berlaku dalam jangka panjang.

Kekhawatiran terkait praktik antipersaingan juga dibagikan oleh CEO divisi hiburan interaktif Sony, Jim Ryan, baru-baru ini. Ryan, yang mengurusi PlayStation, mengatakan bahwa dia merasa akuisisi Activision Blizzard yang diusulkan tidak baik untuk persaingan.

Wakil Ketua Microsoft, Brad Smith, menyatakan di Twitter pada hari Minggu bahwa meskipun akuisisi potensial tersebut selesai, Microsoft "akan tetap fokus untuk memastikan bahwa Call of Duty tetap tersedia di lebih banyak platform dan untuk lebih banyak konsumen daripada sebelumnya."

Meskipun akuisisi ini belum pasti, prospek Microsoft dan Activision menjadi lebih baik setelah seorang hakim AS mencegah Federal Trade Commission (FTC) menghalang-halangi megadeal itu. FTC menggugat untuk menghentikan akuisisi tersebut di pengadilan federal San Francisco pada bulan Juli, tetapi gagal meyakinkan hakim bahwa akuisisi tersebut akan menimbulkan monopoli.

Regulator-regulator di Uni Eropa menyetujui akuisisi ini pada bulan Mei. Otoritas Persaingan dan Pasar di Inggris, yang sebelumnya tidak merestui megadeal ini, menyatakan pada hari Rabu bahwa mereka siap untuk bernegosiasi dengan Microsoft mengenai syarat-syarat kesepakatan tersebut.

Kedua perusahaan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan transaksi mereka pada hari Selasa, 18 Juli.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin