PM Hun Sen Usir Perwakilan Facebook dari Kamboja, Ini Alasannya - inews.

 

PM Hun Sen Usir Perwakilan Facebook dari Kamboja, Ini Alasannya

inews.id
July 1, 2023
PM Kamboja Hun Sen mengusir perwakilan Facebook dari negaranya
PM Kamboja Hun Sen mengusir perwakilan Facebook dari negaranya

PHNOM PENH, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen mengusir perwakilan Facebook dari negaranya. Langkah ini diambil setelah Facebook tak mau menghapus posting-an dari lawan politik yang dianggap menghina para pejabat dari raja.

"Saya tidak berniat untuk memblokir akses Facebook di Kamboja, tapi tidak akan mengizinkan Facebook memiliki perwakilan lagi di Kamboja," katanya, dalam pesan audio yang dirilis ke publik, Jumat (30/6/2023) malam, seperti dilaporkan Xinhua.

Hun Sen menuduh Facebook berlaku bias serta menutup mata atas posting-an bernada penghinaan yang dilakukan lawan politiknya yang tinggal di pengasingan di luar negeri. Selain terhadap Hun Sen dan keluarganya, penghinaan itu juga ditujukan kepada Raja Kamboja Norodom Sihamoni.

Kementerian Pos dan Telekomunikasi (MPTC) Kamboja menyatakan telah mengusir perwakilan Facebook serta menghentikan semua aktivitas, seperti kantor perwakilan, hubungan dengan pemerintah, serta kerja sama dengan sektor swasta.

Namun dalam penjelasannya MPTC tak menyinggung soal penghinaan tersebut. Kementerian hanya menjelaskan ada kejanggalan dalam layanan Facebook bagi pengguna di Kamboja. Kejanggalan-kejanggalan itu di antaranya merajalelanya akun palsu, risiko pencurian data pribadi, penggunaan dan pengumpulan data pribadi, penyebaran inforasi palsu, kurangnya akuntabilitas dan transparansi, serta campur tangan terhadap urusan politik.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)