SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Saingi Spotify, TikTok Music Uji Coba Layanan Streaming di 3 Negara Baru By BeritaSatu

 

Saingi Spotify, TikTok Music Uji Coba Layanan Streaming di 3 Negara Baru

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 10, 2023
Ilustrasi membuka aplikasi TikTok
Ilustrasi membuka aplikasi TikTok

Jakarta, Beritasatu.com - TikTok benar-benar telah menjadi ancaman baru bagi Spotify di pasar aplikasi streaming musik, tidak lagi sekadar media sosial berbagi video pendek.

Dilansir dari Business Insider, Rabu (19/7/2023), pada awal Juli 2023 ini, TikTok telah meluncurkan aplikasi streaming musik di Brasil dan Indonesia. Mulai hari ini, produk mereka yang bernama TikTok Music itu juga akan tersedia untuk pengguna terbatas di Australia, Meksiko, dan Singapura. Uji coba gratis program beta untuk layanan tersebut akan berlangsung selama tiga bulan.

Jika nantinya TikTok Music akhirnya memperluas pasar mereka ke negara lain, seperti Amerika Serikat, hal ini tentunya akan semakin memperluat persaingan dengan platform streaming lainnya, seperti Spotify, Apple Music, dan Tidal.

Aplikasi video TikTok sendiri memiliki pengaruh yang besar dalam mencari lagu atau musik dan promosi artis. Label rekaman, music marketers, dan artis menginvestasikan banyak uang untuk bekerja sama dengan influencer TikTok guna memasukkan lagu ke dalam video.

"Ini adalah hal terpenting yang terjadi dalam industri musik dalam waktu yang lama. Ini memberikan kesempatan bagi kami untuk membangun audiens baru bagi para artis dengan cara yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," kata Jonny Kaps, salah satu pendiri dan CEO label independen +1 Records.

Dengan adanya TikTok Music, pengguna dapat menyinkronkan akun mereka langsung dengan TikTok, sehingga lebih mudah untuk mendengarkan cuplikan lagu dan kemudian mengklik untuk mendengarkan lagu secara penuh.

TikTok sebelumnya telah mengajukan permohonan merek dagang untuk TikTok Music di Australia pada November 2021. ByteDance, perusahaan induk TikTok, juga telah menguji aplikasi streaming musik bernama Resso di India, Brasil, dan India sejak tahun 2020.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin