System Monitor Mirip Task Manager Di Linux, Inilah Mission Center! - Winpoin

 

System Monitor Mirip Task Manager Di Linux, Inilah Mission Center!

By Gylang Satria
winpoin.com
2 min
July 27, 2023

Apakah ada disini para pembaca WinPoin yang bukan hanya pengguna Windows melainkan juga pengguna Linux?, jika ada tos dulu dong, sebenarnya saya juga adalah pengguna aktif Linux dan salah satu distribusi linux favorit saya adalah Elementary OS yang telah cukup lama saya gunakan.

Mengenai Linux nih, baru baru ini saya menemukan sebuah aplikasi system monitor yang dapat kita temukan di flathub, aplikasi ini bernama Mission Center.

Menurut informasi dari halaman resmi Mission Center, aplikasi ini dibuat dan dikembangkan dalam Rust dan GTK4/libadwaita, dan yang menariknya nih, aplikasi ini memiliki tampilan layaknya Task Manager di Windows 10 dan 11 loh, berikut adalah penampakannya.

Nah diatas adalah screenshot Mission Center yang saya ambil di Elementary OS Horus yang saya gunakan, dimana jika kita perhatikan tampilannya benar benar mirip banget dengan Task Manager di Windows.

Komponen didalamnyapun bervariasi dan menampilkan informasi yang semestinya, mulai dari CPU, Memory, Disk, Internet dan menariknya didalamnya menghadirkan sejumlah detail yang cukup lengkap, mulai dari informasi jumlah core cpu, jumlah process dan lain sebagainya, intinya sih mirip banget dengan yang ada di Windows.

Selain itu, Mission Center menghadirkan opsi Apps dengan tampilan process yang lebih tradisional hanya saja tidak ada opsi yang dapat pengguna pilih, termasuk kill dan end process didalamnya.

Bagaimana? menarik bukan? menurut saya sih cukup menarik apalagi dengan tampilan yang bisa terbilang lebih fresh dibandingkan system monitor bawaan tentunya membuat kita lebih nyaman menggunakannya, apalagi jika kita memang telah terbiasa dengan Task Manager Windows. Hanya saja nih kekurangan pada aksi dibagian process mungkin menjadi salah satu hal yang kurang saya suka, selebihnya aplikasi ini mantap banget.

Gnome System Monitor vs Mission Center

Mission Center sendiri tersedia di flatpak yang bisa kamu dapatkan di flathub, dan semoga saja kedepanya aplikasi yang sama akan tersedia di snap juga.

Selain itu, aplikasi ini berjalan normal dan sempurna di beberapa Desktop Environment seperti Gnome, Cinnamon, dan Pantheon, jika kamu pengguna flatpak kamu bisa mencobanya di DE yang kamu gunakan juga guys.

Dan secara umum nih, Mission Center ini cukup menarik untuk kita gunakan, terlebih dalam hal untuk melihat bagaimana resource perangkat kita digunakan. Bagaimana? tertarik untuk mencoba? jika sudah jangan lupa berikan komentarmu dibawah guys.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)