10 Konsol Gim Terlaris Sepanjang Masa By BeritaSatu

 

10 Konsol Gim Terlaris Sepanjang Masa

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 7, 2023
Konsol game Sony PlayStation 4.
Konsol game Sony PlayStation 4.

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah gempuran gim seluler dan PC, industri gim konsol tetap menjanjikan dengan penjualan ratusan juta unit. Persaingan justru terjadi dengan sesama pemain di industri ini, terutama antara PlayStation dan Nintendo.

Dilansir dari Slashgear, Minggu (27/8/2023), berikut ini daftar 10 konsol gim terlaris sepanjang masa.

1. PlayStation 2
Sony PlayStation 2 memegang rekor sebagai konsol gim dengan penjualan tertinggi di dunia, mencapai angka 155 juta unit. Diluncurkan resmi pada tahun 2000, PlayStation 2 tampil lebih awal dari kompetitor utamanya, Microsoft Xbox.

Hal menarik tentang PlayStation 2 adalah tidak ada satu gim pun yang terjual lebih dari 20 juta kopi. Meskipun tidak ada satu gim yang mendominasi, koleksi gim yang sangat besar dan beragam serta teknologi yang tepat pada waktunya membantu PlayStation 2 meraih kesuksesan di pasaran.

BACA JUGA

2. Nintendo DS
Nintendo DS terjual sebanyak 154 juta unit. Diluncurkan pada 2004, konsol ini bertahan hingga tahun 2014. Harganya yang terjangkau menjadikannya konsol ini mudah diakses. Umur baterainya yang tahan lama, banyak variasi, dan edisi khusus juga berkontribusi pada kesuksesannya.

Di ranah permainan, Nintendo DS memiliki banyak judul yang sukses. Konsol ini memiliki beberapa gim yang sangat populer seperti "New Super Mario Bros.", "Mario Kart DS", "Nintendogs", dan "Mario Party DS".

Perangkat Nintendo Switch.
Perangkat Nintendo Switch.

3. Nintendo Switch
Diluncurkan pada 2017, Nintendo Switch juga memiliki catatan penjualan yang mengesankan sebanyak lebih dari 129,5 juta unit. Kesuksesan Nintendo Switch dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang brilian.

Game "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" menjadi sangat populer dan dikenal luas, menjadi permainan yang wajib dimainkan bagi siapa pun yang memiliki Switch. Selama masa pandemi Covid-19, "Animal Crossing: New Horizons" menjadi salah satu gim yang paling banyak dimainkan.

4. Game Boy
Game Boy meraih penjualan 118 juta unit. Game Boy pertama kali dirilis pada akhir 1980-an dan saat itu tidak ada pesaing serius di dunia konsol genggam. Keberhasilan ini juga didukung oleh masa aktif yang lama, dengan produksi Game Boy dan Game Boy Color berlangsung hingga tahun 2003.

Penerusnya, Game Boy Advance, baru muncul pada tahun 2001. Dengan demikian, generasi pertama Game Boy bertahan selama 13 tahun, dua kali lebih lama daripada umumnya konsol genggam.

5. PlayStation 4
PlayStation 4 dari Sony menjadi konsol terlaris kedua dengan penjualan sebanyak 117 juta unit di seluruh dunia. Seperti konsol PlayStation lainnya, Sony mengandalkan gim eksklusif dan fleksibilitas sebagai daya tarik utama. PS4 dilengkapi dengan pemutar Blu-ray sendiri dan dukungan untuk aplikasi streaming seperti Netflix.

6. PlayStation
PlayStation pertama merupakan konsol yang luar biasa, terbukti dengan penjualan sebanyak 102,4 juta unit. Konsol ini berhasil bersaing dengan Nintendo 64 yang hanya terjual 32,9 juta unit. Keberhasilan ini menjadi kemenangan besar pertama Sony di ranah konsol.

Keberhasilan PlayStation didorong oleh pilihan permainannya. Ini menjadi awal dari seri "Gran Turismo" yang sangat populer. Game seperti "Final Fantasy 7", "Tekken 3", "Crash Bandicoot", "Tomb Raider", "Metal Gear Solid", "Tony Hawk's Pro Skater", dan "Resident Evil" juga sukses besar.

BACA JUGA

7. Nintendo Wii
Nintendo Wii berhasil terjual lebih dari 101 juta unit sejak peluncurannya yang sukses pada saat bersamaan dengan PlayStation 3 dan Xbox 360. Namun, Wii adalah konsol dengan tujuan yang berbeda bagi Nintendo. Konsol ini tidak dirancang untuk bersaing langsung dengan Sony dan Microsoft. Sebaliknya, fokus utama dalam pengembangannya adalah menghadirkan pengalaman bermain yang unik.

8. PlayStation 3
Sony PlayStation 3 merupakan pesaing langsung Xbox 360 dengan angka penjualan yang hampir setara. Menurut laporan resmi dari Sony pada tahun 2017, PlayStation 3 berhasil terjual sebanyak 87,4 juta unit. Meskipun prestasinya mungkin tidak sebesar angka lainnya dalam daftar ini, PlayStation 3 tetap memiliki tempat yang kuat di hati para gamer.

9. Xbox 360
Konsol milik Microsoft yang berhasil masuk dalam daftar ini adalah Xbox 360, dengan lebih dari 84 juta unit penjualan. Konsol ini menjadi rumah bagi periode kejayaan seri "Halo" dengan judul-judul seperti "Halo 3", "Halo 3: ODST", "Halo: Reach", dan "Halo 4". Kehadiran permainan yang sudah terbukti sukses seperti "Grand Theft Auto 5" dan "Minecraft" juga menambah daya tarik Xbox 360.

10. Game Boy Advance
Game Boy Advance mampu terjual sebanyak 81,5 juta unit selama masa aktifnya. Diluncurkan pada tahun 2001, konsol portabel ini berhasil meraih kesuksesan dalam waktu hanya empat tahun sebelum Nintendo DS memasuki pasar pada tahun 2004. Ini berarti rata-rata 20 juta unit terjual setiap tahun.

Game Boy Advance melanjutkan jejak generasi pendahulunya, yakni Game Boy dan Game Boy Color, dan dirilis di masa popularitas game berada pada puncaknya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin