Hot : Microsoft Edge Anggap File Instalasi Chrome Sebagai Malware! - winpoin

 

Hot : Microsoft Edge Anggap File Instalasi Chrome Sebagai Malware!

By Gylang Satria
winpoin.com
August 24, 2023

Baru baru ini ada kabar yang cukup menarik untuk kita bahas guys, dimana menurut informasi dari windowslatest, browser Microsoft Edge telah menandai ChromeSetup.exe sebagai file yang berbahaya.

Seperti pada gambar diatas, ketika pengguna mencoba mendownload file instalasi Google Chrome dari website resminya menggunakan browser Microsoft Edge, file ChromeSetup.exe justru dianggap berbahaya alih-alih langsung di download seperti biasa.

Pesan kesalahan ini sendiri kabarnya terjadi di Microsoft Edge versi 116, dimana memang sebenarnya Microsoft Edge masih memiliki fitur yang sama seperti chromium browser lain yang dirancang untuk melindungi pengguna dari file berbahaya, namun yang anehnya nih, hanya file instalasi Google Chrome yang dianggap berbahaya.

Meskipun begitu, dalam pengujian yang WinPoin lakukan dengan menggunakan Windows 11 Insider Canary Build 25905 dan juga menggunakan Microsoft Edge Chromium 116, WinPoin tidak menemukan pesan kesalahan seperti yang dilaporkan windowslatest tersebut.

Namun memang, ketika kita mencoba mendownload file instalasi Google Chrome, Microsoft akan otomatis mempromosikan browser Egde dan mencoba meyakinkan bahwa browser Edge ini berfungsi sama seperti Google Chrome.

Nah pesan peringan ini tampaknya memang hanya terjadi pada sebagian pengguna tertentu saja, namun meskipun begitu hal ini tentunya menjadi sebuah pertanyaan, kenapa chrome dianggap berbahaya di Microsoft Edge yang pada dasarnya menggunakan teknologi yang sama.

Yah hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari kedua belah pihak, baik Google atau Microsoft, namun yang pasti, banyak yang beranggapan bahwa ini merupakan stretegi lain dari Microsoft agar pengguna tidak beralih ke browser saingannya.

Bagaimana menurutmu? Komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)