Selamat Datang Wi-Fi 7, Apa Saja Keunggulannya? - Times Indonesia

 

Selamat Datang Wi-Fi 7, Apa Saja Keunggulannya?

By Faizal R Arief
timesindonesia.co.id
Ilustrasi Wi-Fi 7
Ilustrasi Wi-Fi 7

TIMESINDONESIA, MALANG – Awal tahun 2023 ini, Wi-Fi 7 sudah mulai dirilis. Selamat tinggal Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E!

Wi-Fi 7 digadang menjanjikan kecepatan dan stabilitas jaringan nirkabel Anda.

Advertisement

Berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan, Wi-Fi 7 menjanjikan koneksi jauh lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan kemampuan mengelola banyak koneksi (saluran bandwidth) yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Untuk diketahui, kecepatan data maksimum Wi-Fi 7 diperkirakan sekitar 46Gbps (Gigabit per detik). Dengan kecepatan tersebut, Wi-Fi 7 berpotensi jadi pengganti koneksi kabel/ethernet untuk aplikasi bandwidth super tinggi.

Secara keseluruhan, Wi-Fi generasi ke-7 ini menawarkan kecepatan dan kinerja hingga empat kali lebih cepat dari Wi-Fi 6 dan 6E.

Adapun penamaan standar Wi-Fi 7 adalah IEEE 802.11be. Sementara Wi-Fi 6 adalah IEEE 802.11ax, dan Wi-Fi 5 adalah IEEE 802.11ac.

Apa saja keunggulan Wi-Fi 7?

Sudah tentu Wi-Fi 7 jauh lebih cepat dari generasi 6; mendukung lebih banyak koneksi; dan lebih adaptif untuk mempertahankan performa latensi rendah.

Keunggulan tersebut akan sangat membantu Anda saat menikmati video dengan kualitas tinggi serta cloud gaming yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Keunggulan lain adalah kemampuannya untuk mengoperasikan tautan yang banyak (Multi-Link Operation atau MLO). MLO Wi-FI 7, mampu menggabungkan beberapa frekuensi lintas band menjadi satu koneksi.

Analoginya seperti ini: MLO adalah sebuah jalan tol yang sangat lebar dan mulus yang mampu mengganti jalan tol tiga jalur atau enam jalur yang digunakan sebelumnya.

MLO mampu melakukan transmisi data lewat saluran yang jauh lebih luas. MLO juga memungkinkan kinerja yang lebih efisien.

Yang terakhir, manfaat Wi-Fi 7 ini akan sangat siginfikan bila digunakan untuk meng-cover kebutuhan perusahaan dan kapasitasnya mampu menjangkau ruang dan tempat sangat luas.

Kapan Wi-Fi 7 bisa Anda nikmati?

Meski perangkat dan router Wi-Fi 7 sudah diluncurkan awal tahun 2023 ini, mungkin Anda belum bisa menikmatinya dalam waktu dekat.

Pemanfaatan router Wi-Fi 7 masih butuh masih banyak dukungan agar bisa kompatibel dengan perangkat lama. Tampaknya, untuk memanfaatkan sejumlah fitur dalam Wi-Fi 7, Anda perlu juga memutakhirkan (upgrade) perangkat Anda.

Namun, dengan meluncurnya Wi-FI 7 awal tahun ini, setidaknya akan jadi pertimbangan bagi Anda yang semula akan melakukan upgrade ke Wi-Fi 6E untuk bersabar sampai Wi-FI 7 benar-benar sudah ready. Selamat menunggu.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)