Siap-siap, Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan - detikinet

 

Siap-siap, Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan

Khalisha Fitri - detikInet
Senin, 21 Agu 2023 10:31 WIB
MIAMI BEACH - NOVEMBER 04:  Vicente Galarza plays a game with Microsofts new Kinect controller for the Xbox 360 at the Best Buy store on November 4, 2010 in Miami Beach, Florida. The Kinect went on sale today and uses sensors to read the players body language so controllers are not necessary to play Xbox games with the Kinect.  (Photo by Joe Raedle/Getty Images)
Siap-siap, Xbox 360 Store Ditutup Tahun Depan. Foto: GettyImages
Jakarta-

Tahun 2024 akan menandai berakhirnya perjalanan Xbox 360 Store. Microsoft memutuskan untuk menutup toko online untuk game-game konsol Xbox 360 tersebut.

"Tanggal 29 Juli 2024, Xbox akan berhenti mendukung pembelian game baru, DLC, dan konten hiburan lainnya untuk Xbox 360 Store dan Xbox 360 Marketplace," kata Microsoft seperti dikutip dari The Gamer.

"Terkait perubahan itu, aplikasi Microsoft Movies & TV tidak akan lagi tersedia untuk Xbox 360, yang berarti konten TV dan film tidak akan lagi terlihat di Xbox 360 yang kalian miliki setelah 29 Juli 2024," sambungnya.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski toko online-nya sudah tak ada lagi, game-game dan konten Xbox 360 yang telah pengguna beli di Xbox 360 Store, masih tetap bisa diakses dan dinikmati.
Konten-konten tersebut tidak hanya masih bisa diakses di Xbox 360, melainkan juga bisa diakses di Xbox One dan Xbox Series X/S, asalkan pengguna masuk (login) menggunakan akun Xbox yang sama.

"Apa yang tidak berubah adalah komitmen kami untuk mempertahankan kemampuan untuk memainkan konten yang telah kalian beli di perangkat pilihan, yang berarti kami berkomitmen untuk mendukung gameplay Xbox 360 di masa mendatang - dan kalian masih dapat bermain dan kembali mengunduh konten yang dibeli sebelumnya dan terhubung dengan teman," terang CVP Xbox Player Services, Dave McCarthy dalam postingan di blog resmi Xbox.

Jika kalian membeli game atau downloadable content (DLC) Xbox 360 apapun, game atau DLC tersebut akan tetap tersedia untuk dimainkan di konsol asli serta Xbox One dan Seri X/S selama kompatibel dengan versi sebelumnya. Multiplayer juga akan terus berfungsi selama penerbit game masih mendukung server online, dan penyimpanan cloud juga akan tetap utuh.

Tersisa waktu tak sampai setahun bagi kalian yang masih ingin membeli game Xbox 360 sebelum tanggal penutupan. Jadi, kalau masih ada sejumlah game yang mau kalian beli, sekarang saatnya.
Seiring suatu barang menjadi semakin langka, maka nilai yang dimilikinya pun akan semakin tinggi. Hal ini sudah terjadi saat Nintendo menutup toko online untuk layanan 3DS dan Wii U. Kala itu, satu-satunya jalan bagi para penggemar dua konsol itu adalah dengan membeli versi bekas gamenya atau membeli dari kolektor.

Sementara itu, hanya 29% dari permainan Xbox 360 yang backward compatible (dapat menggunakan file atau data yang dibuat dengan program yang sama seperti versi sebelumnya) sehingga 71%-nya lagi tidak akan bisa dibeli secara digital. Dengan kata lain, 633 permainan masih bisa dimainkan di Xbox One dan Series X/S dari jumlah total 2.154.

Microsoft mengatakan bahwa ia tidak akan menambah game lagi ke sistem backward compatible karena alasan perizinan, legal, dan kendala teknis. Belum diketahui apakah masih ada harapan bagi penerbit game akan memindahkan gamenya ke toko online lain atau malah merilis ulang permainannya. Selagi harapan itu masi ada, jangan lupa untuk memanfaatkan 11 bulan yang tersisa untuk mampir ke pasar Xbox 360.


*Artikel ini ditulis oleh Khalisha Fitri, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Xbox Game Pass Beri Game Gratis di Agustus 2023, Ini Daftarnya"

(rns/rns)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin