20 Persen Kuota Penerimaan CPNS 2023 untuk Talenta Digital, Konten Kreator Juga Bisa Jadi PNS | Garuda News 24

 

20 Persen Kuota Penerimaan CPNS 2023 untuk Talenta Digital, Konten Kreator Juga Bisa Jadi PNS | Garuda News 24

Penerimaan CPNS dan P3K 2023 di Kejaksaan RI, Berikut Detail Informasinya
152
SAHAM

– Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) segera dibuka pada 17 September mendatang. Dalam rekrutmen tersebut pemerintah menyiapkan sebanyak 20 persen untuk fresh graduate di bidang talenta digital dan data scientist.

Muncul pertanyaan, apakah konten kreator bisa masuk dalam formasi rekrutmen CPNS 2023. Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan rekrutmen talenta digital dalam penerimaan CPNS 2023 akan tetap mengikuti proses dan alur yang ada.
Sehingga dalam hal ini, penerimaan talenta digital tidak semerta-merta hanya melihat keahlian seseorang. Melainkan, diterimanya talenta digital sebagai CPNS 2023 harus melewati proses rekrutmen yang ada, salah satunya dengan mengikuti dan lulus tes dengan metode Computer Assisted Test (CAT). 

“Talenta digital kan nanti ikut proses seleksi ASN dan proses ASN sistemnya CAT dan sisitem cat sudah sangat transparan,” kata Anas kepada wartawan di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Anas menerangkan, transparansi seleksi CPNS melalui dengan metode CAT tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, kata dia, beberapa waktu lalu pun putri Presiden Jokowi, yakni Kahiyang Ayu tidak lolos dalam seleksi CPNS.

Bahkan, menurut Anas, saking transparannya seleksi dengan metode CAT dari sisi hasil tidak bisa diintervensi. Meski tes CPNS seketat itu, dia berharap kebutuhan talent digital bisa diperoleh.

“Masih inget dulu, putrinya Pak Jokowi aja ikut tes enggak lolos, karena saking transparannya dan tidak bisa diintervensi di proses seleksi di CPNS. Nah, mudah-mudahan nanti talenta digitalnya kita bisa dapatkan ya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi prioritas kebutuhan seleksi calon PNS tahun 2023. Bahkan menjadi alokasi terbesar yakni 543.593 dari total formasi 572.496 yang ditetapkan pemerintah melalui Panita Seleksi Nasional atau Panselnas.

Adapun komposisi rekrutmen ASN 2023 terdiri atas 80 persen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta 20 persen untuk fresh graduate di bidang talenta digital dan data scientist.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)