Logo G25gle, Doodle Ulang Tahun Ke-25 Google Hari Ini - Tribunnews

 Logo G25gle, Doodle Ulang Tahun Ke-25 Google Hari Ini - Halaman all

12:31 Estimated 2628 Words ID-ID Language
Google doodle pada Rabu, 27 September 2023. Logo Google hari ini berubah dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 Google.
Google doodle pada Rabu, 27 September 2023. Logo Google hari ini berubah dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 Google.

TRIBUN-TIMUR.COM - Google sedang memeringati ulang tahunnya ke-25, Rabu, 27 September 2023 hari ini.

Pada ulang tahunnya kali ini, Google membuat doodle "G25gle".

Ini adalah doodle spesial ulang tahun ke-25 Google.

Terkait dengan momen ini, beberapa waktu lalu, CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai membuat tulisan berjudul "Pertanyaan, Anggukan, dan Apa yang Akan Datang: Seperempat Abad Perubahan" di blog Google.

Berikut salinannya.

"Pertanyaan, Anggukan, dan Apa yang Akan Datang: Seperempat Abad Perubahan

Catatan Editor: Google akan merayakan ulang tahun ke-25 kami lebih lanjut dalam bulan ini. Untuk memulai perayaan ini, Sundar Pichai, CEO Google dan Alphabet, merenungkan seperempat abad pertama kami, termasuk pertanyaan dan kemajuan teknologi yang membawa kami pada terobosan terbesar dan produk yang paling membantu. Dia juga membagikan beberapa pemikiran tentang peluang yang kami miliki dengan AI untuk melakukan hal-hal yang penting dalam skala yang lebih besar.

Kepada semua orang di seluruh dunia yang menggunakan produk kami, karyawan kami, dan mitra kami:

Bulan ini, Google akan merayakan ulang tahun ke-25 kami. Ini adalah kehormatan besar untuk mencapai tonggak ini, dimungkinkan oleh orang-orang yang menggunakan produk kami dan mendorong kami untuk terus berinovasi, ratusan ribu Googler masa lalu dan sekarang yang telah menyumbangkan bakat mereka untuk membangun produk tersebut, dan mitra kami yang percaya pada misi kami sebanyak yang kami lakukan.

Ini adalah saat untuk bersyukur, dan saat untuk merenung.

Saya banyak memikirkan sejauh mana teknologi telah berkembang selama 25 tahun terakhir dan bagaimana orang beradaptasi dengannya. Bertahun-tahun yang lalu, ketika saya belajar di Amerika Serikat, ayah saya — yang berada di India — mendapatkan alamat email pertamanya. Saya sangat senang memiliki cara yang lebih cepat (dan lebih murah) untuk berkomunikasi dengannya, jadi saya mengirim pesan.

Dan kemudian saya menunggu... dan menunggu. Dua hari penuh sebelum saya mendapatkan balasan ini:

"Yth. Bapak Pichai, email diterima. Semuanya baik-baik saja."

Bingung dengan keterlambatan dan formalitas tersebut, saya meneleponnya untuk melihat apa yang terjadi. Dia memberi tahu saya bahwa seseorang di tempat kerjanya harus membuka email tersebut di komputer kantor mereka, mencetaknya, dan kemudian mengirimkannya kepadanya. Ayah saya mendiktekan jawaban, yang ditulis oleh orang tersebut dan akhirnya diketikkan untuk saya kirimkan balik.

Pindah cepat beberapa bulan yang lalu: Saya bersama putra remaja saya. Dia melihat sesuatu yang menarik, mengambil beberapa foto cepat dan membagikannya dengan teman-temannya. Lalu mereka saling bertukar pesan, dan semuanya terasa lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan untuk saya hanya mengeluarkan ponsel saya.

Bagaimana saya berkomunikasi dengan ayah saya bertahun-tahun yang lalu dibandingkan dengan bagaimana putra saya berkomunikasi saat ini menunjukkan betapa banyak perubahan yang dapat terjadi di antara generasi. Teknologi yang butuh waktu bertahun-tahun bagi kita untuk beradaptasi adalah hal yang alami bagi anak-anak kita. Ide-ide yang membuat ayah saya terkagum-kagum sebagai fiksi ilmiah — menerima panggilan dari jam tangan Anda, atau memberi tahu mobil Anda untuk memutar lagu favorit Anda — membuat anak-anak saya mengangguk.

Anggukan itu memberi saya harapan besar untuk masa depan. Mereka menetapkan standar tinggi untuk apa yang akan dibangun dan diciptakan oleh generasi berikutnya... dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan membuat anak-anak mereka mengangguk juga.

Suatu kebenaran penting tentang inovasi adalah bahwa pada saat Anda mendorong batas suatu teknologi, itu segera berubah dari luar biasa menjadi biasa. Itulah sebabnya Google tidak pernah menganggap kesuksesan kami sebagai hal yang dijamin.

Semuanya dimulai dengan pencarian Larry dan Sergey pertama kali menulis misi kami 25 tahun yang lalu: untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal. Mereka memiliki visi ambisius untuk jenis mesin pencari baru yang membantu orang memahami gelombang informasi yang bergerak online. Produk yang mereka bangun, Google Search, terus membantu miliaran orang di seluruh dunia mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka.

Beberapa tahun, saya adalah salah satu dari orang-orang yang mengalami Google seperti pengguna web lainnya. Saya ingat merasa terkesan oleh kemampuan Google untuk menemukan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang paling esoterik, mulai dari detail kecil yang tersembunyi di halaman layanan pelanggan toko hingga peraturan sepak bola yang tidak jelas.

Pertanyaan yang saya ajukan ke Google telah berubah seiring waktu: "Bagaimana cara memperbaiki keran yang bocor?" "Rute tercepat ke Rumah Sakit Stanford?" "Cara menenangkan bayi yang menangis?" Dan sekitar musim semi tahun 2003, mungkin: "Bagaimana cara sukses dalam wawancara Google?" Dan seiring waktu, Google menjadi jauh lebih baik dalam menjawabnya.

Inspiratif melihat apa yang telah dilakukan orang dengan jawaban atas pertanyaan mereka, baik untuk menemukan perawatan kesehatan atau kenyamanan dalam waktu sulit, belajar keterampilan baru, mengejar jalur karier baru, atau memulai bisnis baru. Ide bahwa seorang mahasiswa di pedesaan Indonesia bisa mengakses informasi yang sama dengan seorang profesor di Stanford adalah revolusioner, dan telah mengubah kehidupan dan dunia kita menjadi lebih baik. Ini membuka akses terhadap pendidikan dan kewirausahaan seperti tak ada yang lain sebelumnya.

Pencarian juga membentuk dasar bagi Google untuk memiliki dampak ekonomi di luar dinding kami sendiri. Platform dan alat periklanan kami dimulai dengan asumsi seiring sederhana dengan Pencarian itu sendiri: membantu bisnis mencapai pelanggan yang sudah mencari produk dan layanan yang mereka tawarkan. Ini adalah platform yang menarik bagi bisnis kecil, seperti bisnis penjualan melalui surat yang pertama kali mendaftar. Dan juga seperti Pencarian itu sendiri, kemampuan bagi setiap bisnis untuk beriklan secara online telah memiliki dampak yang benar-benar transformasional, membantu jutaan bisnis menjadi bagian dari ekonomi digital.

Seperempat Abad Pertanyaan

Pencarian masih menjadi inti dari misi kami, dan masih merupakan sasaran besar kami dengan begitu banyak hal yang harus dilakukan.

Tentu saja, Google saat ini lebih dari sekadar kotak pencarian. Kami memiliki 15 produk Google yang melayani lebih dari setengah miliar orang dan bisnis, dan enam di antaranya melayani lebih dari 2 miliar pengguna masing-masing.

Seperti kebanyakan pencarian Google, semua produk tersebut juga dimulai dengan sebuah pertanyaan. Dengan Gmail, pertanyaannya adalah Bisakah kami menawarkan penyimpanan 1 GB kepada setiap orang? Pada tahun 2004, ketika Gmail diluncurkan, volume penyimpanan tersebut lebih dari 100 kali lipat dibandingkan dengan kebanyakan layanan surel web gratis lainnya!

Beberapa tahun kemudian, kami melihat peluang untuk secara dramatis meningkatkan browser web — dan pada gilirannya, web — untuk semua orang. Jadi dengan Chrome kami bertanya: Bisakah kami membangun browser yang membuat web lebih baik, dengan kesederhanaan, kecepatan, dan keamanan sebagai intinya? Sesaat sebelum diluncurkan, saya memiliki pertanyaan sendiri: Akankah orang menggunakan ini?

YouTube berani bertanya: Bagaimana jika kami memberikan setiap orang cara untuk berbagi pengetahuan mereka dengan dunia? Dan saat ini, platform ini telah menjadi platform kuat untuk belajar dan pengetahuan.

Pertanyaan-pertanyaan terus datang, dan kami terus memperbaiki dan memperluas produk kami dengan jawaban-jawaban baru: Bagaimana jika Google Maps memungkinkan orang untuk melihat setiap jalan di dunia dengan rincian? Bagaimana jika kami membangun alat terjemahan yang memungkinkan orang mengakses informasi, dan berkomunikasi dalam berbagai bahasa? Bagaimana jika Anda dapat mencari dan menemukan semua foto lama Anda dengan hanya menggambarkan apa yang ingin Anda lihat?

Kami juga bertanya kepada diri kami sendiri bagaimana cara terbaik untuk membagikan alat, terobosan, dan infrastruktur kami kepada orang lain. Google dibangun di awan sejak awal, meskipun kami baru meluncurkan bisnis Cloud kami pada tahun 2008. Saat ini, Google Cloud telah menjadi salah satu perusahaan enterprise teratas di dunia. Mitra di berbagai industri menggunakan teknologi Google untuk meningkatkan dukungan pelanggan dan efisiensi rantai pasokan, mengurangi jejak karbon mereka, membangun aplikasi baru, dan melakukan lebih banyak hal dengan AI. Seperti klien periklanan kami sebelumnya, mitra-mitra Cloud beroperasi lebih baik, tumbuh lebih cepat, dan menciptakan lapangan kerja, dengan bantuan kami.

Tentu saja, tidak setiap pertanyaan yang kami ajukan berakhir sebagai keberhasilan. Dalam setiap perjalanan 25 tahun, Anda akan mengalami beberapa rintangan, belajar pelajaran, dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Masih ingat Google Wave?

Kami juga dihadapkan pada pertanyaan sulit tentang masa depan kami sebagai perusahaan. Pada tahun 2000-an, pertanyaannya adalah seberapa lama web benar-benar dapat bertahan? Pada tahun 2010-an, orang bertanya apakah kami bisa beradaptasi dengan era komputasi seluler, dan apakah pencarian sudah "berakhir"? Setiap kali, kami menjawab dengan kembali lebih kuat. Kami melakukan ini dipandu oleh fokus tunggal pada misi kami, keyakinan kami dalam menerapkan ilmu komputer yang mendalam untuk membuat kehidupan orang menjadi lebih baik, dan sikap yang sehat terhadap hal yang mustahil.

Sikap Positif terhadap Hal yang Mustahil Sikap positif tersebut adalah mengapa kami dapat mengatasi masalah yang tidak bisa — atau tidak mau — diatasi oleh yang lain. Contohnya adalah gagasan mustahil untuk menyematkan komputer bertenaga kuat di saku setiap orang, tanpa memandang pendapatan atau konektivitas internet mereka. Saat ini, Android berjalan di 3 miliar perangkat di seluruh dunia, mulai dari ponsel lipat terbaru hingga ponsel tingkat awal. Hal ini telah menjadi inti dari upaya kami untuk membuat internet lebih dapat diakses bagi semua orang, dan menginspirasi produk-produk transformatif lainnya. Begitu juga, Chromebook membuat komputasi tersedia bagi sekolah-sekolah di seluruh dunia. Dan Google Pixel memasukkan yang terbaik dari teknologi terbaru kami — kamera yang didukung oleh pembelajaran mesin, pengenalan suara, kemampuan transkripsi, chip tensor, dan lain-lain — langsung ke tangan orang.

Hal ini membawa kami pada AI. Google telah berinvestasi dalam AI hampir sejak awal. Kami adalah salah satu yang pertama menggunakan pembelajaran mesin dalam produk-produk kami, dimulai pada awal tahun 2000-an, untuk koreksi ejaan, meningkatkan kualitas iklan, dan menampilkan saran dan rekomendasi.

Kemudian, pada awal tahun 2010-an, ada kegembiraan nyata seputar jaringan saraf mendalam. Pada tahun 2012, beberapa dari kami mengikuti demo di ruang pertemuan dekat Charlie’s, kafe pusat utama kampus kami. Saya ingat dengan kagum melihat Tim Riset menunjukkan kemajuan yang mereka capai dengan pengenalan gambar, didorong oleh terobosan dalam jaringan saraf. Itu adalah saat pertama kali saya berpikir: ini benar-benar akan mengubah segalanya!

Saya memiliki perasaan yang sama ketika melihat penelitian interdisipliner yang luar biasa di DeepMind, yang berfokus pada memahami sifat kecerdasan. Kemajuan ini sangat mempengaruhi pemikiran saya ketika saya menjadi CEO pada tahun 2015, bahwa Google seharusnya beralih menjadi perusahaan yang berfokus pada AI.

Pertanyaan-pertanyaan lain pun muncul. Bagaimana cara memberdayakan generasi baru komputasi ini? Jadi kami menciptakan Unit Pemrosesan Tensor, atau TPUs — yang memberikan peningkatan kinerja dramatis 30 hingga 80 kali lipat untuk pembelajaran mesin dibandingkan dengan perangkat keras lain pada saat itu, dan menggerakkan komputer AlphaGo yang mengalahkan juara dunia Go, Lee Sedol pada tahun 2016. Sekitar pada saat yang sama, kami merilis karya besar kami, Transformer, pada tahun 2017, yang menciptakan arsitektur jaringan saraf yang menjadi dasar bagi sebagian besar AI generatif dan model bahasa besar yang ada saat ini.

Banyak terobosan teknologi ini telah mengarah pada beberapa inovasi produk kami yang paling luar biasa. Hasil pencarian untuk kueri-kueri kompleks menjadi jauh lebih membantu berkat model bahasa besar seperti MUM dan BERT. Kami telah menciptakan cara-cara baru bagi orang untuk menyampaikan apa yang mereka cari melalui suara, gambar, dan bahkan bertanya tentang apa yang mereka lihat dengan multisearch. Sekarang, AI generatif membantu kami membayangkan kembali produk inti kami dengan cara yang menarik — mulai dari Pengalaman Generatif Pencarian baru kami (SGE), hingga "Bantu Saya Menulis" di Gmail. Dan awal tahun ini, kami meluncurkan Bard, sebuah eksperimen awal yang memungkinkan orang berkolaborasi dengan AI generatif.

Moment favorit saya adalah melihat bagaimana produk-produk kami dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang: Baik itu seorang orangtua yang sibuk mengambil foto laci kerajinan mereka dan menggunakan Bard untuk menginspirasi proyek di hari hujan untuk anak-anak mereka; seorang pelancong yang menggunakan Lens untuk menerjemahkan jadwal kereta api di negara asing; atau, yang lebih dalam, sebuah keluarga yang dapat mendengar suara seorang pria dengan ALS, berkat penelitian kami tentang pengenalan dan sintesis ucapan.

Mendesain produk yang membantu orang dengan skala besar adalah suatu kehormatan dan tanggung jawab. Orang memiliki pertanyaan mereka sendiri: Bisakah kita mempercayai teknologi baru ini? Kami memikirkan dengan sungguh-sungguh bagaimana membangun teknologi yang bertanggung jawab sejak awal, baik itu memastikan informasi setiap orang terlindungi dan aman, atau menjaga keamanan orang dari pelaku buruk online.

Hal ini juga mencakup berpartisipasi dalam debat penting tentang bagaimana teknologi-teknologi tersebut akan membentuk masyarakat kita, dan kemudian mencari jawabannya bersama-sama. AI adalah bagian kunci dari ini. Sebahagian besar teknologi yang membangkitkan antusiasme kami adalah potensi AI untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan manusia. Kami memahami bahwa AI, seperti teknologi awal lainnya, memiliki kompleksitas dan risiko. Pengembangan dan penggunaan AI kami harus mengatasi risiko-risiko ini, dan membantu mengembangkan teknologi dengan tanggung jawab. Prinsip-prinsip AI yang kami luncurkan pada tahun 2018 adalah bagian penting dari bagaimana kami melakukannya. Prinsip-prinsip ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah akan membantu orang dan bermanfaat bagi masyarakat, atau apakah bisa menimbulkan kerusakan dengan cara apa pun? Mereka juga membentuk pengembangan produk kami dan aplikasi AI, dan membimbing kami dalam menemukan solusi untuk isu-isu yang muncul. Sebagai contoh, baru minggu lalu kami memperkenalkan SynthID, alat untuk memberi tanda air dan mengidentifikasi gambar yang dihasilkan oleh AI, yang akan membantu mengatasi isu penting seputar transparansi. Kami akan terus berinteraksi dengan para ahli dan komunitas untuk terus belajar dan memperbaiki.

Melihat ke Depan

Ketika kami melihat ke depan, saya telah merenungkan tentang komitmen dari surat pendiri asli kami pada tahun 2004: "untuk mengembangkan layanan yang meningkatkan kehidupan sebanyak mungkin orang — melakukan hal-hal yang penting."

Dengan AI, kami memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang penting dalam skala yang lebih besar.

Kami baru saja mulai melihat apa yang gelombang teknologi berikutnya mampu lakukan dan seberapa cepat kemajuan dapat terjadi. Satu juta orang sudah menggunakan AI generatif di Google Workspace untuk menulis dan membuat konten. Pemantauan banjir sekarang mencakup wilayah tempat tinggal 460 juta orang lebih. Sejuta peneliti telah menggunakan basis data AlphaFold yang mencakup 200 juta prediksi struktur protein, membantu dalam kemajuan untuk mengurangi polusi plastik, mengatasi resistensi antibiotik, melawan malaria, dan banyak lagi. Dan kami telah mendemonstrasikan bagaimana AI dapat membantu industri penerbangan untuk mengurangi jejak gas buang pesawat, alat penting untuk melawan perubahan iklim.

Namun, masih ada begitu banyak hal di depan. Seiring berjalannya waktu, AI akan menjadi pergeseran teknologi terbesar yang akan kita lihat seumur hidup kita. Ini lebih besar dari pergeseran dari komputasi desktop ke mobile, dan mungkin lebih besar dari internet itu sendiri. Ini adalah pengkabelan ulang fundamental dari teknologi dan akseleran luar biasa dari kecerdasan manusia.

Membuat AI lebih membantu bagi semua orang, dan menerapkannya dengan tanggung jawab, adalah cara paling penting bagi kami untuk memenuhi misi kami selama 10 tahun ke depan dan seterusnya.

Dan sekarang AI akan memungkinkan kami, dan orang lain, untuk bertanya seperti:

Bagaimana setiap siswa dapat memiliki akses ke guru pribadi, dalam bahasa apa pun, dan tentang topik apa pun? Bagaimana kita dapat memfasilitasi para pengusaha untuk mengembangkan bentuk-bentuk energi bersih yang baru? Apa alat yang dapat kita ciptakan untuk membantu orang mendesain dan menciptakan produk baru serta mengembangkan bisnis baru? Bagaimana bidang-bidang seperti transportasi, atau pertanian, bisa direimaginasi? Bagaimana kita dapat membantu masyarakat memprediksi dan mempersiapkan diri untuk bencana alam?

Saat garis depan baru ini mulai muncul, kami memiliki undangan yang diperbarui untuk bertindak dengan berani dan bertanggung jawab untuk meningkatkan sebanyak mungkin kehidupan, dan teruslah mengajukan pertanyaan-pertanyaan besar tersebut.

Pencarian kami untuk menjawab akan mendorong kemajuan teknologi luar biasa selama 25 tahun mendatang.

Dan pada tahun 2048, jika, di suatu tempat di dunia, seorang remaja melihat semua yang telah kami bangun dengan AI dan menganggapnya enteng, kami akan tahu kami telah berhasil. Dan kemudian kami akan kembali bekerja.

Terima kasih atas 25 tahun yang luar biasa,

-Sundar Pichai."(*)

Baca Juga

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)