Toyota Respons Luhut Ajak Geely Bikin Mobil Listrik di Indonesia By CNN Indonesia

 

Toyota Respons Luhut Ajak Geely Bikin Mobil Listrik di Indonesia

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 17, 2023
Toyota Kijang Innova EV sedang dikembangkan di Indonesia. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Astra Motor (TAM) merespons gebrakan pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang ingin menarik investasi produsen otomotif China, Geely, untuk melahirkan mobil listrik di Indonesia.

Menurut Anton Jimmy, Direktur Pemasaran TAM, pihaknya menyambut baik rencana itu.

"Ya tidak ada masalah. Semakin banyak pilihan, semakin besarnya industri otomotif Indonesia. Ini hal yang kami inginkan bersama ya," kata Anton saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jumat (15/9).

Bagi Anton hal tersebut bukan tidak mungkin dilakukan. Ia pun memberi contoh mengenai komitmen Toyota sebagai penguasa pasar mobil Tanah Air untuk urusan investasi hingga melahirkan produk otomotif sejak puluhan tahun lalu di Indonesia.

"Toyota pun commit untuk investasi dan investasinya cukup besar dan long term. Kami tidak bicara sekarang ya. Kami sudah 50 tahun berada di sini dan kami selalu mengerti, kami perlu berkontribusi di Indonesia. Jadi siapa pun selama memajukan customer Indonesia, ya harusnya tidak masalah," ungkapnya.

Anton melanjutkan pihaknya mendukung segala bentuk produk elektrifikasi yang hadir di Indonesia, walaupun itu berasal dari merek lainnya.

"Intinya gini. Kalau dari Toyota kacamata kami adalah bagaimana mengurangi emisi atau karbon neutral. Jadi apa pun produknya asalkan mengurangi carbon kami prioritaskan," ucap Anton.

Luhut sebelumnya menawari Geely bekerja sama untuk melahirkan mobil tanpa emisi di Indonesia. Luhut mengatakan produk itu bisa hadir setidaknya mulai 2025.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Geely sejak beberapa bulan lalu, dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan untuk riset bersama untuk membuat mobil EV di Indonesia," kata Luhut di Jakarta, Kamis (14/9), diberitakan Antara.

Luhut juga menjelaskan pendekatan pada Geely itu sudah dibicarakan kepada Presiden Joko Widodo dan dikatakan disetujui.

"Saat ini kita sedang membicarakan hal teknis dan Presiden juga setuju," katanya.

Menurut Luhut sekarang momentum terbaik Indonesia bisa memiliki dan memproduksi sendiri mobil listrik anak bangsa. Riset yang akan dilakukan bersama Geely disebut bisa menjadi lompatan jauh.

"Pada 2025 atau 2026 Indonesia sudah bisa memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa," katanya.

Luhut tak memaparkan lebih detail tentang definisi 'mobil listrik sendiri buatan anak bangsa itu', apakah statusnya mobil nasional seperti Timor atau produk menggunakan merek, perusahaan dan komponen 100 persen Indonesia.

(ryh/fea/mik)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)