2023, Pasar Keamanan Siber Indonesia Diproyeksi Rp 31,4 Triliun By BeritaSatu

 

2023, Pasar Keamanan Siber Indonesia Diproyeksi Rp 31,4 Triliun

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Ilustrasi transformasi digital.
Ilustrasi transformasi digital.

Singapura, Beritasatu.com - IDCloudHost, penyedia layanan hosting di Asia Tenggara, memproyeksikan pertumbuhan pasar keamanan siber di Indonesia akan meningkat dari perkiraan tahun 2023 sebesar US$ 2,05 miliar (sekitar Rp 31,4 triliun) menjadi US$ 3,39 miliar (sekitar Rp 51,8 triliun) pada tahun 2028. Seiring dengan perkembangan pasar tersebut, serangan siber di Indonesia juga mengalami peningkatan.

Menurut CEO IDCloudHost, Alfian Pamungkas Sakawiguna, masalah keamanan siber semakin meningkat dan canggih, terutama di kawasan Asia Tenggara dan Indonesia. Salah satu penyebab umum insiden keamanan informasi adalah serangan aplikasi web, yang dapat menyebabkan kerusakan serius. "Oleh karena itu, organisasi perlu mempertimbangkan penggunaan firewall lapisan aplikasi web sebagai langkah perlindungan," kata dia dalam keterangannya Minggu (15/10/2023).

Berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tercatat lebih dari 204 juta aktivitas internet yang mencurigakan di dunia maya Indonesia antara Januari hingga Juli 2023. Serangan siber di Indonesia cenderung menargetkan instansi pemerintah, yakni mencapai sekitar 22% dari total serangan terhadap organisasi. Sedangkan perusahaan industri mengalami sekitar 9% dari serangan tersebut.

Alfian menjelaskan bahwa untuk meningkatkan perlindungan data bagi pelanggan, IDCloudHost telah bekerja sama dengan StormWall, perusahaan keamanan siber terkemuka asal Rusia. Selain itu, mereka juga menjalin mitra dengan perusahaan platform asal Estonia, Warren, untuk menyediakan layanan cloud berkualitas.

Dia menekankan kolaborasi ini sebagai upaya untuk mengadopsi teknologi global dan kebijakan lokal dalam pengembangan layanan digital inovatif, sekaligus memperkuat perlindungan keamanan siber bagi pelanggan.

Sebagai tanda komitmen mereka terhadap perlindungan keamanan siber, terutama proteksi web application firewall (WAF), IDCloudHost ikut serta dalam acara Cloud Expo Asia di Singapura pada 12 Oktober.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin