BRIN Pamerkan Inovasi Pangan dan Teknologi Pertanian di Rakernas PDIP By BeritaSatu

BRIN Pamerkan Inovasi Pangan dan Teknologi Pertanian di Rakernas PDIP

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 30, 2023
Badan Riset dan Inovasi
Badan Riset dan Inovasi

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam Rakernas IV PDIP yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Badan Riset dan Inovasi (BRIN) turut memamerkan hasil risetnya, termasuk berbagai inovasi dalam produk pangan dan teknologi pendukung pertanian.

Salah satu produk pangan yang dipamerkan adalah Sagoomie, mi kemasan yang terbuat dari sagu. Selain itu, ada juga Ada Japangi, minuman kebugaran yang dibuat dari jahe.

Selain itu, BRIN juga memamerkan produk bernama Purula, yaitu makanan berbentuk flake tabur yang digunakan sebagai makanan pendamping untuk meningkatkan asupan zat besi harian. Keistimewaan dari Purula adalah kemampuannya meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah, sehingga dapat membantu mencegah anemia.

"Ada beberapa produk yang dihasilkan dari pusat riset maupun organisasi riset yang tergabung dalam BRIN," kata salah satu Kedeputian Pemanfataan Riset dan Inovasi BRIN, Darwin Kadir, di lokasi pameran Pangan Plus, Sabtu (30/9/2023).

Selain produk pangan, BRIN juga menampilkan sejumlah teknologi pendukung pertanian. Salah satunya adalah Inaero, sebuah alat canggih yang mirip pesawat terbang dan dapat digunakan untuk mengukur luas lahan serta mengidentifikasi jenis tanaman.

Aeropro Sprayer, yang mirip dengan drone, juga dipamerkan dan dapat digunakan untuk penyemprotan pupuk atau pestisida. Dipamerkan juga AeroAgri, sebuah teknologi canggih yang dapat mengukur unsur hara dalam tanah dengan tingkat presisi yang tinggi, memberikan informasi data yang akurat kepada petani melalui aplikasi.

Darwin Kadir berharap pameran ini dapat memotivasi pengunjung, khususnya siswa-siswi SMK yang hadir dalam acara pameran.

Pameran ini menjadi bagian dari Rakernas IV PDIP dengan tema "Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia".

Ketua panitia pameran Pangan Plus 2023, Rahmad Handoyo menjelaskan, acara ini bertujuan untuk menunjukkan peran penting dalam membangun kedaulatan pangan. Pameran ini juga menjadi wadah untuk memamerkan berbagai produk pangan inovatif dari berbagai daerah yang memiliki potensi menjadi produk unggulan di masa depan. Peserta pameran terdiri dari UMKM binaan PDI Perjuangan dan mitra swasta nasional.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)