ChatGPT Akhirnya Bisa Browsing Internet (Lagi) - winpoin

 

ChatGPT Akhirnya Bisa Browsing Internet (Lagi)

winpoin.com
2 min
September 29, 2023

Setelah sebelumnya sempat ada dan kemudian dihilangkan, fitur Browsing with Bing akhirnya ditanamkan lagi ke ChatGPT. Bisa dibilang, ChatGPT sekarang jadi pintar lagi!

Ya! Meskipun sempat jadi yang paling hype diantara AI lainnya — terbatasnya akses data ChatGPT yang mentok di September 2021 memang jadi kendala tersendiri. Selain membuat jawaban ChatGPT kurang up to date, keterbatasan sumber informasi ini juga jadi celah bagi AI ini untuk menjadi halu.

Untuk pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise sih masih mending, karena akhirnya ada dukungan plugin yang memberikan akses bagi ChatGPT untuk mencari informasi di Internet seperti WebPilotLink Reader, dll. Tapi bagi pengguna ChatGPT gratisan, mereka harus berpuas dengan keterbatasan ChatGPT ini.

Tapi hari ini OpenAI memberi kabar gembira. Fitur Browsing with Bing yang dulu dihilangkan, sekarang sudah ditanamkan lagi ke ChatGPT. Bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kalo sebelumnya sering error, timeout, gagal akses, atau prosesnya lemot — sekarang terasa lebih stabil, lancar, dan jarang error.

Selain itu Browsing with Bing sekarang punya user agents dan bisa mengikuti aturan Robots.txt di web, sehingga pemilik web bisa mengatur apa yang boleh diakses ChatGPT dan apa yang tidak. Ini jawaban atas keluh kesah banyak media dan pengelola web atas maraknya penyalahgunaan ChatGPT untuk mengakses artikel-artikel berbayar di website mereka.

Karena menggunakan Bing sebagai back-end nya, akurasi nya dalam mencari informasi juga terlihat lebih baik daripada plugin browsing yang ada saat ini.

Saya sudah mencoba fitur ini secara langsung dan hasilnya cukup memuaskan. Setidaknya, Browsing with Bing ini seperti membuat ChatGPT keluar dari kandang dan bisa dengan bebas mencari informasi untuk diolah dan diberikan kepada kita.

Sayangnya untuk saat ini, Browsing with Bing hanya bisa digunakan oleh pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise. Tapi OpenAI dengan jelas menegaskan, bahwa fitur ini akan segera dihadirkan juga ke pengguna ChatGPT gratisan.

Kalo temen2 pengguna ChatGPT Plus atau Enterprise, bisa langsung aja dicoba. Tinggal aktifkan aja Browsing with Bing dibawah menu GPT-4. Tapi kalo temen2 pengguna gratisan, sabar dulu menunggu — atau cukup gunakan Bing Chat yang juga bisa konek ke internet dengan kepintaran ChatGPT di belakangnya.

Gimana, dengan adanya fitur ini, mungkinkah ChatGPT bisa menggantikan mesin pencari di kemudian hari? Bagikan pendapat teman2 disini.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin