Honda, GM, dan Cruise Kerja Sama Luncurkan Taksi Tanpa Pengemudi By BeritaSatu

 

Honda, GM, dan Cruise Kerja Sama Luncurkan Taksi Tanpa Pengemudi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Honda, General Motors
Honda, General Motors

Jakarta, Beritasatu.com - Honda, General Motors (GM), dan Cruise akan bekerja sama untuk meluncurkan layanan kendaraan otonom atau taksi tanpa pengemudi pada awal 2026.

Perusahaan patungan yang akan dibentuk pada paruh pertama 2024 ini akan mengoperasikan armada kendaraan Cruise Origin yang futuristik untuk layanan ini. Pengguna nantinya bisa memesan robotaxi melalui aplikasi khusus, dijemput di lokasi yang mereka tentukan, dan kemudian diantar ke tujuan mereka.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu (21/10/2023), Cruise Origin menyediakan tempat duduk hingga enam penumpang yang berhadap-hadapan. Pada awalnya, layanan yang ditawarkan oleh Honda, GM, dan Cruise akan dimulai dengan beberapa puluh Cruise Origins sebelum nantinya diperluas menjadi sekitar 500 kendaraan.

Layanan ini pertama-tama akan difokuskan di pusat kota Tokyo, Jepang, tetapi rencananya akan berkembang ke wilayah lain di masa depan.

"Meskipun memberikan layanan di lingkungan dengan lalu lintas yang kompleks di pusat kota Tokyo akan menjadi tantangan besar, Honda berkomitmen untuk mengerahkan upaya lebih lanjut guna mewujudkan rencana ini," kata CEO Honda Global, Toshihiro Mibe

GM berpendapat bahwa Jepang memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar transportasi otonom terbesar di dunia, mengingat tingginya permintaan akan layanan taksi di kota-kota besar di negara tersebut. Jepang juga menghadapi kekurangan pengemudi taksi, sehingga menurut GM, dibutuhkan bentuk transportasi baru yang mudah diakses.

GM dan Cruise telah menjalani pengujian robotaxi otonom mereka di seluruh Amerika Serikat selama beberapa tahun.

"GM telah berinvestasi dalam membentuk transportasi masa depan transportasi, dan hal ini semakin nyata saat ini," tambah CEO GM, Mary Barra.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)