Israel Kerahkan Cara Cegat Elon Musk Sebar Internet di Gaza - detik

Senin, 30 Okt 2023 22:00 WIB
Rachmatunnisa - detikInet

Israel Kerahkan Cara Cegat Elon Musk Sebar Internet di Gaza

Israel Kerahkan Cara Cegat Elon Musk Sebar Internet di Gaza

 Elon Musk
Israel Kerahkan Cara Cegat Elon Musk Sebar Internet di Gaza. Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes/ File Photo Acquire Licensing Rights
Jakarta -

Elon Musk berencana menyediakan akses internet satelit Starlink bagi organisasi bantuan di Gaza, setelah komunikasi dari dan ke wilayah tersebut terputus sejak Jumat (27/10) malam. Israel berupaya mencegahnya.

Untuk diketahui, layanan internet dan seluler di Jalur Gaza mati total setelah Israel membombardir wilayah tersebut. Mereka kemudian memulai serangan darat pertamanya ke Gaza.

Nomor telepon darurat 101 tidak berfungsi. Artinya, ambulans pun tidak dapat dihubungi. Banyak jurnalis, pekerja bantuan, dan relawan di Jalur Gaza juga kehilangan kontak.

Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, kemudian menanggapi postingan Musk di X, dengan mengatakan Israel akan melawan upaya CEO SpaceX tersebut untuk menyediakan internet Starlink ke Gaza.

"Israel akan menggunakan segala cara untuk melawan hal ini," kata Karhi dalam postingannya.


Dalam sebuah postingan di X, anggota Kongres dari Partai Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez mengkritik hilangnya akses telekomunikasi dan internet, dan menyebutnya sebagai situasi yang tidak dapat diterima.

Menanggapi komentarnya, Musk kemudian berkata akan mendukung akses komunikasi di Gaza melalui Starlink.

"Starlink akan mendukung konektivitas dengan organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza," sebutnya.

Namun sejauh ini belum ada konfirmasi bahwa Starlink telah secara resmi menawarkan layanannya selain tweet Musk. Belum diketahui pula apakah ada terminal Starlink yang diperlukan agar koneksi internet satelit dapat berfungsi di Gaza.

Karhi mengatakan telah ada pembicaraan dengan SpaceX tentang penggunaan layanan Starlink di wilayah yang berbatasan dengan zona konflik.

Belajar dari konflik Rusia-Ukraina, peran konektivitas Starlink dalam perang Ukraina telah menimbulkan kontroversi mengenai kendali yang ditawarkan kepada Musk dalam konflik tersebut. Dia dituduh mematikan jaringan Starlink di Krimea selama serangan Ukraina terhadap armada angkatan laut Rusia tahun lalu.

Simak Video "Jokowi: Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Dikirim Minggu Ini"

Jokowi: Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Dikirim Minggu Ini

(rns/rns)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)