Mengenal Vismate, Inovasi Mahasiswa UB Bak Mata Bagi Disabilitas Tunanetra - detik

 

Mengenal Vismate, Inovasi Mahasiswa UB Bak Mata Bagi Disabilitas Tunanetra

By Devita Savitri
detik.com
Ilustrasi Vismate Foto: dok. Universitas Brawijaya
Ilustrasi Vismate Foto: dok. Universitas Brawijaya
Jakarta - Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mengeluarkan karya inovasi yang mampu membantu penyandang disabilitas tunanetra dalam berkomunikasi dan mobilisasi bernama Visual Mate atau Vismate. Kelimanya yaitu Beni Kurniawan (teknik elektro), M Dwi Nur Afini (teknik elektro), M Rashannaufal G (teknik elektro), M Bintang Saktya (sistem informasi), dan Vieri Faturrahman (teknik elektro) dibimbing oleh Ir Nurussa'adah MT.

Vismate disebut bisa menjadi sahabat penyandang tunarungu karena memiliki berbagai fitur yang mampu mempermudah kegiatan sehari-hari. Alat ini juga bisa menjadi media komunikasi dengan penyandang disabilitas lain atau masyarakat karena terintegrasi aplikasi di smartphone.

"VISMATE merupakan sebuah alat yang memudahkan penderita disabilitas tunanetra dan tunarungu dalam kegiatan sehari-hari. Terdapat fitur untuk memudahkan pengguna yaitu deteksi hambatan dijalan untuk mengarahkan pengguna agar tidak terjadi kecelakaan," kata Beni Kurniawan salah satu anggota tim dikutip melalui rilis resmi di laman UB, Kamis (5/10/2023).

Fitur Canggih Vismate

Di dalam Vismate terdapat kamera yang terintegrasi dengan berbagai fitur sehingga memiliki banyak fungsi. Terdapat pula speaker yang mampu mengeluarkan suara untuk membaca objek yang ada di depan tunanetra. Setidaknya ada empat fitur utama Vismate, yaitu:

1. Smart Obstacle Detection

Fitur ini menggunakan metode computer vision untuk membantu tunanetra mengenali dan menghindari benda yang ada di depan mereka. Dengan demikian, mereka bisa lebih mudah menjalani kegiatan sehari-harinya.

2. Text2speech Accessibility Integrated with Google API

Fitur ini akan mempermudah proses komunikasi bagi tunanetra. Melalui fitur ini, tulisan bisa diubah menjadi suara dengan presisi yang tinggi. Sehingga mereka bisa mendengar dan memahami informasi yang ditulis dengan jelas dan nyaman.

3. Voice2text Accessibility

Fitur ini mampu mengubah suara yang didengar menjadi teks tulisan secara instan. Dengan demikian, masyarakat bisa membaca dan memahami informasi yang disampaikan penyandang tunanetra melalui suara.

Selain itu fitur ini juga bisa membantu proses komunikasi yang terjadi pada penyandang tunanetra dan tunarungu.

4. Smart Tracking

Terakhir fitur smart tracking yang bisa digunakan keluarga. Fitur ini memungkinkan keluarga dengan mudah memantau lokasi pengguna secara real-time, sehingga memberikan rasa aman.

Diketahui, Vismate menjadi salah satu karya inovasi yang lolos mendapat pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) Kemendikbudristek 2023. Wah keren sekali ya detikers, semoga kedepannya bisa membantu teman-teman penyandang disabilitas tunanetra dengan fitur yang lebih banyak.


Simak Video "Mahasiswa IAIN Gorontalo Tewas saat Pengkaderan, 13 Saksi Diperiksa "
[Gambas:Video 20detik]

(det/nah)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin