TransJakarta Target Operasikan 10.000 Armada Listrik pada 2030 By BeritaSatu

 

TransJakarta Target Operasikan 10.000 Armada Listrik pada 2030

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Bus Transjakarta berhenti di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa 4 Juli 2023.
Bus Transjakarta berhenti di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa 4 Juli 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menargetkan akan mengoperasikan lebih dari 10.000 armada listrik pada tahun 2030 guna mendukung elektrifikasi transportasi publik di masa depan.

"Mari bayangkan, pada tahun 2030 dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan faktor-faktor lainnya, akan ada sekitar 10.047 armada listrik yang tersedia," ujar Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama TransJakarta, Mohamad Indrayana, dalam diskusi Solusi Polusi Udara Kota di Jakarta, Minggu (15/10/2023) dikutip dari Antara.

Indrayana berharap rencana ini akan memungkinkan perkembangan pesat dari transportasi publik bertenaga listrik.

Selain itu ditargetkan 50 persen dari armada TransJakarta harus menggunakan tenaga listrik pada tahun 2070.

"Target ini terdengar ambisius, tetapi jika kita melaksanakannya dengan cara biasa, kita tidak akan pernah mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan inovasi untuk mencapai target ini," tegasnya.

Diakui Indrayana menyediakan armada bertenaga listrik membutuhkan biaya 13 persen lebih mahal dibandingkan dengan armada non-listrik. Namun demikian, hal ini dapat diatasi dengan bantuan dari operator yang berpengalaman dan memiliki kapasitas keuangan yang lebih kuat.

"Menuju tahun 2030, selain peningkatan jumlah armada, biaya awalnya juga lebih tinggi. Oleh karena itu, ini juga merupakan tantangan bagi para operator," katanya.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, TransJakarta berencana menambah 190 bus listrik pada tahun 2023 untuk mendukung kualitas udara Jakarta yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

Dengan penambahan 190 bus listrik ini, totalnya akan menjadi 220 unit bus listrik. Saat ini, baru ada 30 unit bus listrik yang sudah beroperasi di Jakarta.

"Target kami pada tahun 2027, 50 persen dari bus TransJakarta akan berbasis listrik dan pada tahun 2030 seluruhnya akan menggunakan listrik," ujar Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta, Daud Joseph.

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)