Apple Izinkan Instal Aplikasi di Luar App Store Mulai 2024 ,- Beritasatu

Apple Izinkan Instal Aplikasi di Luar App Store Mulai 2024


Senin, 13 November 2023 | 21:20 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Sistem operasi iOS 17
Sistem operasi iOS 17 (Macrumors)

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah melakukan perubahan besar dengan mengganti port lightning dengan port USB-C di seri iPhone 15, Apple kembali mengubah kebijakan utamanya. Mulai tahun depan, pengguna iPhone dapat memasang APK di iPhone.

ADVERTISEMENT

Bagi pengguna Android, menginstal aplikasi melalui file APK di luar Google Play Store mungkin sudah biasa, tetapi untuk pengguna iPhone, hal ini sebelumnya tidak memungkinkan karena terikat pada aturan Apple dan tidak ada alternatif lain selain App Store.

BACA JUGA

Dilansir dari Gizmochina, Senin (13/11/2023), dengan adanya undang-undang baru di Uni Eropa (UE) yang memungkinkan sideloading, pengguna iPhone dapat menginstal aplikasi di luar App Store.

ADVERTISEMENT

Secara teknis, APK atau Android package kit adalah format file khusus untuk Android, sedangkan untuk iOS, formatnya disebut IPA. Proses ini dikenal sebagai sideloading atau menginstal aplikasi di luar app store resmi , dan UE telah mensyaratkan agar Apple menerapkannya mulai dari pembaruan iOS 17.2 pada 2024.

Walaupun Apple memiliki opsi untuk tidak mematuhi aturan UE, konsekuensinya dapat berupa denda sebesar 20% dari pendapatan globalnya dan bahkan larangan penjualan di Eropa. Meskipun Apple mungkin menyatakan keamanan sebagai alasan untuk menentang sideloading, beberapa melihatnya sebagai upaya untuk melindungi keuntungan App Store yang menghasilkan komisi besar dari pengembang aplikasi.

BACA JUGA

Meski demikian, kemampuan untuk melakukan sideloading di iPhone dianggap sebagai perkembangan positif bagi pengguna di tengah ketidakpastian tentang masa depan pengembang dan App Store Apple.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)