Atasi Overheating, iPhone 16 Dikabarkan Gunakan Pendingin Graphene - Beritasatu

Atasi Overheating, iPhone 16 Dikabarkan Gunakan Pendingin Graphene

Kamis, 16 November 2023 | 13:32 WIB
Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo | Editor: WBP
Ilustrasi iPhone .
Ilustrasi iPhone . (Apple Insider. / Apple Insider.)

California, Beritasatu.com - Pengguna mengeluhkan iPhone 15 yang diluncurkan September 2023 karena terlalu panas (overheating). Meski telah diperbaiki Apple melalui perangkat lunak (software)iPhone 16 dikabarkan akan menawarkan solusi perangkat keras (hardware) melalui alat pendingin graphene.

ADVERTISEMENT

iPhone 15 dan iPhone 15 Pro tertentu dilaporkan terlalu panas hingga tidak nyaman dipegang, setidaknya pada iOS 17.0.3. Apple menyalahkan perangkat lunak tidak optimal sehingga dilakukan perbaikan pada software tersebut. Sayangnya, iPhone 15 kini sudah beredar di masyarakat, sehingga tidak bisa mengubah dari sisi perangkat keras di tengah siklus produksi.

Untuk mengatasi overheating, Apple sedang mengerjakan solusi pada iPhone 16. “Perusahaan beralih ke pendingin berbahan graphene dan wadah baterai logam sehingga perpindahan panas lebih baik,” kata pengguna X (dulu dikenal Twitter) @KosutamiSan dikutip dari Apple  Insider, Kamis (16/11/2023).

ADVERTISEMENT

IPhone merupakan benda sangat kecil sehingga tidak banyak ruang untuk diselipkan benda, termasuk unit pendingin yang tebal atau berat.  

Sementara graphene adalah bahan yang sangat baik untuk pendingin karena memiliki konduktivitas termal 10 kali lebih besar daripada tembaga.

IPhone tidak memiliki kipas, sehingga panas harus dibuang melalui bingkai perangkat ke udara menggunakan perpindahan panas pasif. Unit pendingin mampu menghilangkan panas dari area yang tidak diinginkan dengan nilai konduksi termal lebih efisien dibanding material sekitarnya.

Dengan Graphene, maka mekanisme pendinginan  akan terjadi lebih baik sehingga memungkinkan iPhone tidak mengalami panas berlebih.

BACA JUGA

Ming-Chi Kuo, analis teknologi informasi yang memfokuskan pada smartphone menyarankan Apple menggunakan ruang uap pada satu titik.  Namun, opsi tersebut dinilai mahal dan memerlukan perubahan desain radikal. 

Graphene mungkin bisa menjadi solusi tepat untuk menjaga iPhone 16 agar tidak terlalu panas jika rumor tersebut terbukti benar.

Kosutami adalah seorang leaker (pembocor) terkenal yang mengumpulkan produk uji validasi desain dan item pra-produksi. Kosutami memiliki sejarah memberikan infomasi dengan akurat, seperti komponen USB-C untuk iPhone 15. Namun informasi yang dibagikan Kosutami juga terkadang salah, seperti kabel thunderbolt iPhone 15 Pro.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)