Cara Perbaiki Copilot di Windows 11 Tidak Menampilkan Jawaban - Winpoin

Cara Perbaiki Copilot di Windows 11 Tidak Menampilkan Jawaban


  • Posted by
  • 2 min

Dua bulan lalu ketika saya mencoba Copilot saat baru diluncurkan di Windows 11, fitur yang diberikan cukup baik dengan Copilot mampu menjawab beberapa perintah saya, meski memang jawabannya terkesan asal asalan dan tidak sesuai fakta dan bahkan berbeda dengan Bing Chat.

Nah sekarang ketika saya mencoba Copilot kembali di Windows 11 23H2 build 22631.2715, Copilot justru tidak bekerja dengan baik dan bahkan tidak menampilkan jawaban apapun.

Contohnya adalah seperti pada gambar diatas, dimana Copilot tidak menjawab perintah apapun baik pertanyaan umum, atau melakukan perintah khusus seperti mengganti tema Windows 11.

Hasil Jawaban Muncul Jika Itu Dari History

Namun yang anehnya nih guys, hasil jawaban akan muncul jika saya pernah melakukan pencarian dari daftar history, contohnya seperti pada gambar berikut.

Meskipun begitu, hasil jawaban tidak sempurna dan gambar yang harusnya ditampilkan tampaknya tidak dan hanya menampilkan kode iframe saja.

Langkah Perbaikan

Setelah melakukan beberapa percobaan seperti memperbarui Microsoft Edge ke versi paling baru dan melakukan reset jaringan, ada satu hal yang bisa kamu lakukan jika kamu kebetulan mendapati masalah yang sama.

Langkah yang bisa kamu lakukan sendiri cukup mudah, kamu cukup masuk ke halaman https://copilot.microsoft.com/ dan kemudian melakukan pencarian dari sana hingga ada tulisan verifikasi muncul dan diselesaikan (screenshot sayangnya tidak sempat saya ambil).

Setelah verifikasi selesai, hasil pencarian akan muncul dan Copilot di Windows akan bekerja normal kembali.

Dan dari kasus ini, ada satu spekulasi yang menjadi penyebab masalah ini, yaitu Copilot / Bing Chat harus melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap akun kita, fungsinya mungkin mirip seperti captcha, selain itu, baik Copilot di https://copilot.microsoft.com/, Microsoft Edge dan Windows sebenarnya masih terhubung dalam satu akun yang sama, dan kemungkinan Copilot di Windows dan Edge tidak dapat melakukan verifikasi tersebut sehingga menyebabkan hasil jawaban yang akan stuck seperti pada gambar diatas.

Nah itulah sedikit hal yang baru baru ini saya alami, jika kamu mendapati hal yang sama mungkin langkah diatas layak untuk kamu coba, atau mungkin kamu mendapati kasus lain? coba komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)