Diluncurkan Lebih Cepat, Adopsi OS Android 13 Kalahkan Popularitas Android 11 - detik

Diluncurkan Lebih Cepat, Adopsi OS Android 13 Kalahkan Popularitas Android 11

By Rian Alfianto
jawapos.com
November 4, 2023
Ilustrasi: OS Android 13.
Ilustrasi: OS Android 13.
JawaPos.com - Android terus menjadi sistem operasi atau OS paling populer di dunia. OS ini digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari ponsel cerdas hingga tablet, dan bahkan dalam sistem otomasi beberapa perangkat.
Fakta menarik lainnya dari OS Android adalah sistem operasi ini digunakan oleh miliaran perangkat di seluruh dunia. Namun, tidak seperti iOS Apple, perangkat ini terbagi dalam berbagai versi sistem operasi.
Misalnya, tingkat penggunaan Android 9 masih mendekati 11 persen saat ini. Alasan utamanya adalah perbedaan cara produsen menangani pembaruan. Untungnya, data terbaru menunjukkan bahwa masalah ini telah teratasi. Android 13 kini menjadi versi OS terpopuler.
Dilansir dari Android Police, dalam hal pembaruan perangkat lunak atau software, tidak sepenuhnya salah untuk mengatakan bahwa produsen ponsel pintar Android telah gagal. Ada jutaan ponsel yang dikembangkan oleh berbagai produsen berbeda, dan mereka sering kali kesulitan memenuhi standar tertentu saat memperbarui Android ke versi berbeda.
Namun, Google dan produsen telah berupaya memecahkan masalah yang telah lama mengganggu pengguna ini. Baru-baru ini, Google memperbarui statistik distribusi versi Android, mengungkapkan kemajuan dalam industri ini.
Jika dilihat dari statistik distribusi versi Android yang dipublikasikan Google, diketahui bahwa Android 13 kini menjadi versi paling populer, menempati posisi teratas. Sistem operasi ini telah meningkatkan pangsa pasarnya dari 15 persen menjadi 22,4 persen sejak pembaruan terakhir pada bulan Mei.
Mengingat baru lima bulan berlalu, hal ini merupakan pencapaian yang sangat berarti. Diperkirakan tidak hanya ponsel baru yang dijual tetapi juga model yang sudah ada di pasaran yang menerima pembaruan tersebut.
Di posisi kedua dalam daftar adalah Android 12 yang mengalami penurunan dari 16,3% menjadi 15,8%. Android 11 yang masih cukup populer juga mengalami penurunan dari 23,1% menjadi 21,6%.
Sayangnya, tantangan terbesar Android adalah proses pembaruannya. Perangkat lama sering kali terus digunakan selama bertahun-tahun tanpa memperbarui ke versi terbaru. Situasi ini tidak hanya mengecewakan pengguna tetapi juga menciptakan kerentanan keamanan.
Bagi yang penasaran, berikut daftar selengkapnya:
Android 13: 15% -> 22,4%
- Android 12: 16,3% -> 15,8%
Android 11: 23,1% -> 21,6%
- Android 10: 17,8% -> 16,1%
- Android 9: 11,9% -> 10,5%
- Android 8.1: 6,1% -> 5,4%
- Android 8: 2,2% -> 1,9%
- Android 7.1: 1,5% -> 1,3%
- Android 7: 1,5% -> 1,3%
- Android 6: 2,3% -> 1,9%
- Android 5.1: 1,5% -> 1,2%
- Android 5: 0,3% -> 0,2%
- Android 4.4: 0,5% -> 0,4%
Selain itu, kendati banyak produsen Android kini menjanjikan dukungan perangkat lunak yang lebih lama untuk perangkat mereka. Meskipun hal ini akan membantu mengurangi fragmentasi, mereka juga harus meningkatkan kecepatan peluncurannya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)