Ini Tanda Akun Gmail Sudah Diretas dan Cara Pulihkannya - Beritasatu

Ini Tanda Akun Gmail Sudah Diretas dan Cara Pulihkannya

Kamis, 16 November 2023 | 11:20 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Ilustrasi Google, Gmail.
Ilustrasi Google, Gmail. (Freepik / -)

Jakarta, Beritasatu.com - Risiko peretasan akun Gmail tidak hanya mengintai akun lama yang tidak pernah diakses, tetapi juga akun baru yang sering digunakan. Apalagi modus serangan siber sudah semakin canggih dan terkadang sulit dideteksi korban.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari Metro.co.uk, dan beberapa tanda yang bisa menjadi peringatan bahwa akun Gmail Anda mungkin sudah diretas. Salah satunya jika ada perubahan informasi akun, seperti kata sandi atau nomor telepon untuk pemulihan akun yang dilakukan oleh pihak selain pemilik akun.

BACA JUGA

Meskipun perubahan ini mudah terdeteksi, banyak pengguna mungkin tidak memeriksa detail akun mereka secara rutin, dan peretas dapat mengambil alih dengan mengganti nomor telepon pemulihan.

ADVERTISEMENT

Dalam situasi lain, peretas mungkin menghapus akun atau mencari cara untuk menghentikan pemilik akun masuk. Jika pengguna melihat tanda-tanda tersebut dan merasa akun mereka telah diakses oleh orang lain, langkah pertama yang harus diambil adalah segera mengubah kata sandi tidak hanya untuk Gmail, tetapi juga untuk aplikasi dan situs lain yang menggunakan kata sandi yang sama atau masuk dengan akun Gmail.

Selanjutnya, pengguna disarankan untuk mengubah kata sandi di pengelola kata sandi Google dan memeriksa aktivitas mencurigakan di akun Gmail mereka.

Berikut cara meninjau aktivitas akun Gmail:

1. Buka akun Google 
2. Di panel navigasi kiri, pilih "Security"
3. Pada panel “Recent security events”, pilih "Review security events"
4. Periksa aktivitas mencurigakan
Jika Anda menemukan aktivitas yang bukan berasal dari Anda, pilih "Select No, it wasn’t me". Lalu, ikuti langkah-langkah di layar untuk membantu mengamankan akun Anda
5. Selanjutnya, periksa perangkat mana yang menggunakan akun Anda
6. Di panel Security, klik "Your Devices" dan pilih "Manage Devices"
7. Periksa perangkat apa pun yang tidak Anda kenali.
Jika Anda menemukan perangkat yang tidak Anda kenali, pilih 
"Don’t recognize a device?". Lalu, ikuti langkah-langkah di layar untuk membantu mengamankan akun Anda

Terakhir, untuk memastikan keamanan, pengguna diminta untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah jika belum melakukannya. Tindakan ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan, menjaga akun tetap aman meskipun kata sandi terkena risiko peretasan.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)