Sudah Gelontorkan Anggaran Besar, Sri Mulyani Tagih Janji Menkominfo soal BTS - Beritasatu

Sudah Gelontorkan Anggaran Besar, Sri Mulyani Tagih Janji Menkominfo soal BTS

Selasa, 28 November 2023 | 12:47 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Sri Mulyani memberi sambutan dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 yang digelar Apindo, di Jakarta, Selasa, 27 November 2023.
Sri Mulyani memberi sambutan dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 yang digelar Apindo, di Jakarta, Selasa, 27 November 2023. (Beritasatu.com / Herman)

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menagih janji pembangunan base transceiver station (BTS) yang dikerjakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pasalnya sudah banyak anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur digital tersebut.

ADVERTISEMENT

"Saya bilang sama Pak Budi Arie (Menkominfo), BTS di berbagai daerah dulu janjinya 75.000 desa di Indonesia terhubung secara digital, 10.000 puskesmas harusnya connected digitally, 240.000 SD dan madrasah terhubung dengan digital.  Jadi saya mau menagih sama menterinya yang sekarang," kata Sri Mulyani dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 yang digelar Apindo, di Jakarta, Selasa (28/11/2023). Acara tersebut juga turut dihadiri Budi Arie.

BACA JUGA

Menkeu mewanti-wanti agar jangan sampai perkembangan teknologi menciptakan kesenjangan digital. Karenanya, pembangunan infrastuktur digital menjadi fokus pemerintah, apalagi kondisi geografis Indonesia sangat luas dan menantang.

ADVERTISEMENT

"Indonesia itu bukan hanya Jakarta atau Jawa, ini menimbulkan persoalan, jangan sampai digital technology menciptakan digital divide, sehingga membutuhkan investasi di bidang infrastruktur," ujarnya.

Sri Mulyani menyampaikan, pada saat pandemi Covid-19 ketika anggaran semua kementerian/lembaga dipotong untuk penanganan Covid-19, Kemenkominfo jadi satu-satunya kementerian yang anggarannya tidak dipotong, bahkan ditambah.

BACA JUGA

Tambahan anggaran tersebut diberikan untuk pembangunan satelit, fiber optik, BTS, dan infrastuktur digital lainnya. Karenanya, menkeu menagih janji realisasi pembangunan infrastuktur tersebut, meskipun Budi Ari baru menjabat sebagai menkominfo.

"Beliau (Budi Ari) bilang bukan saya, tetapi ya sudah lah, pokoknya saya kan (menagih) kementeriannya," kata Sri Mulyani disambut tawa Budi Arie dan undangan yang hadir.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)