Transaksi E-Commerce di Indonesia Tembus Rp 500 T - Beritasatu

Transaksi E-Commerce di Indonesia Tembus Rp 500 T

Kamis, 23 November 2023 | 17:09 WIB
Penulis: Vinnilya | Editor: FMB
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta (Beritasatu.com / Vinnilya)

Jakarta, Beritasatu.com – Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan transaksi e-commerce yang positif sebesar 10,69% secara month to month (mtm) atau mencapai Rp 42,2 triliun pada bulan Oktober 2023. Dalam perspektif year on year (yoy), terjadi peningkatan sebesar 4,99%. Total transaksi e-commerce  tahun ini mencapai Rp 506,4 triliun.

ADVERTISEMENT

Menurut Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta, volume transaksi e-commerce pada Oktober mencapai 361,54 juta kali.

"Posisi Oktober ini sudah tercatat 361,54 juta transaksi, dengan pertumbuhan secara mtm sebesar 8,13% dan secara yoy sebesar 32,04%," ujar Filianingsih dalam konferensi pers hasil rapat dewan gubernur bulanan pada Kamis (23/11/2023).

Pertumbuhan ini didukung oleh kategori produk fashion, personal care dan kosmetik, serta rumah tangga dan kantor sebagai tiga kategori teratas. Faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini adalah peningkatan kebiasaan belanja online yang semakin diterima masyarakat dan adanya promo di tanggal-tanggal tertentu.

ADVERTISEMENT

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan bahwa analisis BI menunjukkan bahwa transaksi e-commerce berkontribusi pada percepatan perputaran uang, meningkatkan efisiensi, dan produktivitas.

"Transaksi e-commerce memungkinkan perputaran uang antara penjual dan pembeli menjadi lebih cepat, terutama dengan adanya QRIS dan BI Fast yang dapat diselesaikan secara instan," kata Perry.

Lebih lanjut, Perry menjelaskan bahwa harga yang ditawarkan melalui transaksi e-commerce cenderung lebih murah, mendukung pengendalian inflasi, khususnya pada barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti fashion, personal care, makanan, minuman, dan elektronik.

Perry Warjiyo menegaskan komitmen BI untuk terus mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan, dengan harapan dapat memberikan manfaat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, perputaran transaksi yang lebih cepat, perputaran uang yang efisien, dan mendukung penurunan inflasi.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin