Windows App Dirilis ke iPhone, Mac, dll — Bisa Buka Windows dari OS Lain! - winpoin

Windows App Dirilis ke iPhone, Mac, dll — Bisa Buka Windows dari OS Lain!

winpoin.com
2 min
November 19, 2023

Satu kabar mengejutkan dari Microsoft. Mereka baru saja membuat Windows App untuk iOS, iPadOS, macOS, Windows, dan web browser — supaya kita bisa mengakses Windows dari berbagai jenis perangkat dengan berbagai jenis OS.

Untuk saat ini Windows App memang masih dalam status PREVIEW, dan buat pengguna Android juga masih belum kebagian versi preview nya ini. Tapi dalam waktu dekat, kemungkinan besar Microsoft juga akan merilis Windows App untuk Android.

Apa itu Windows App?

Sebenarnya apa itu Windows App dan apa gunanya? Jadi Windows App ini merupakan aplikasi untuk mengakses Windows PC secara remote, dengan experience se-native mungkin. Windows PC yang diakses ini bisa berupa Remote PC yang kita miliki sendiri, Remote Desktop Services, atau cloud PC seperti Windows 365, Azure Virtual Desktop ataupun Microsoft Dev Box.

Dengan Windows App ini kita jadi bisa mengakses Windows PC dari perangkat apapun dengan OS apapun secara remote.

Sebenarnya kita sendiri saat ini sudah bisa melakukannya menggunakan fitur Remote Desktop yang ada di Windows, tapi aplikasi ini ditujukan untuk lebih memudahkan lagi dan lebih cross platform lagi, sehingga pengguna tablet, smartphone, laptop, desktop, bisa mengakses Windows dari perangkat mereka — bahkan hanya dengan bermodalkan browser.

Kelebihan utama dari Windows App adalah bisa pin device dan pin app yang sering kita akses, jadi selain lebih mudah — juga bisa lebih cepat mengakses PC dan aplikasi favorit kita. Kalo kita punya beberapa akun, kita bisa berpindah akun juga dengan lebih mudah menggunakan fitur account switching.

Selain itu, Windows App juga punya experience yang lebih native saat digunakan untuk mengakses Windows PC secara remote:

  • Support banyak monitor sekaligus
  • Bisa mengatur custom display resolution
  • Bisa mengatur scaling dan dynamic display resolution
  • Microsoft team optimization
  • Dan menurut saya ini yang paling menarik, bisa redirect webcam, audio, storage device, dan printer dari cloud PC atau PC remote ke perangkat yang kita punya. Jadi kita bisa seolah-olah benar-benar menghubungkan perangkat di rumah ke cloud PC tersebut dengan mudah.

Sayangnya untuk saat ini beta tester dari Windows App di iOS, iPadOS, dan macOS terpantau sudah penuh. Tetapi kalian bisa cek secara berkala siapa tahu kuota dari beta tester ini kembali terbuka.

Untuk pengguna Windows dan browser, bisa mencoba Windows App ini dengan mengikuti panduan yang ada disini. Tapi memang untuk Windows App di Windows dan web browser, masih terbatas hanya untuk mengakses Cloud PC di Azure Virtual Desktop, Microsoft Dev Box, dan Windows 365. Untuk Remote Desktop Services dan Remote PC saat ini hanya bisa diakses dari macOS, iOS dan iPadOS.

Microsoft sendiri pertengahan tahun lalu ketahuan punya target besar untuk mengusung Windows ke cloud. Dalam visi Microsoft, solusi di kehidupan yang semakin modern ini adalah — pengguna Windows memiliki cloud PC yang bisa diakses dari perangkat apapun dan dimanapun, tanpa harus memiliki PC nya secara fisik. Dan Windows App ini, sepertinya menjadi awal dari upaya tersebut.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)